Badri, Mochamad Nurul (2022) Pembinaan Akhlak Peserta Didik Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di MTs NU Al Munawwaroh Lau Dawe Kudus Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
COVER-KATA PENGANTAR.pdf Download (995kB) |
|
Text
ABSTRAK.pdf Download (432kB) |
|
Text
DAFTAR ISI.pdf Download (340kB) |
|
Text
BAB I.pdf Download (685kB) |
|
Text
BAB II.pdf Download (812kB) |
|
Text
BAB III.pdf Download (405kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Download (609kB) |
|
Text
BAB V.pdf Download (450kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (549kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penerapan pembelajaran Tatap muka terbatas dimasa pandemi untuk mengurangi mata rantai penularan Covid-19. Dalam masa pandemi Covid-19 semua sekolah baik swasta maupun negeri, baik naungan dinas maupun kemenag harus melaksanakan pembealajaran Daring selama masa pandemi Covid-19. Maka dari itu perhatian dari guru kepada anak kurang, sehingga dalam pembelajaran tatap muka terbatas ini perlu adanya pemulihan atau pembinaan akhlak kepada siswa. Dalam pelaksanaan pembentukan akhlak pendidik menjadi faktor yang sangat menentukan. Maka dari itu penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pembinaan akhlak peserta didik dalam pembelajaran tatap muka terbatas di MTs NU Al Munawwaroh. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif yang dilakukan di MTs NU Al Munawwaroh. Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan tentang: (1) pembinaan akhlak peserta didik dalam pembelajaran tatap muka terbatas di MTs NU Al Munawwaroh. (2) Fakor pendukung dan penghambat dalam pembinaan akhlak peserta didik dalam pembelajaran tatap muka terbatas di MTs NU Al Munawwaroh. Dalam memperoleh data yang akurat dalam penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan akhlak peserta didik dalam pembelajaran tatap muka terbatas Di MTs NU Al Munawwaroh sudah berjalan dengan baik. Dalam pelaksanaan pembinaan akhlak diterapkan beberapa program, yaitu pelaksanaan Tadarus Al Qur’an, shalat Dhuha, shalat Dhuhur berjamaah, Istighosah, dan Pramuka. Faktor pendukung dalam pembinaan akhlak peserta didik adalah adanya kesadaran dan kemauan dari siswa, adanya dukungan dan motivasi dari orang tua dan guru, adanya sarana dan prasarana yang memadai, dan lingkungan Madrasah yang kondusif. Adapun faktor penghambat dalam Pembinaan akhlak disebabkan oleh factor internal yaitu latar belakang siswa berbeda-beda, ada yang rajin, ada yang malas dan faktor eksternal adalah Pengaruh budaya dan kemajuan informasi teknologi yang tidak di imbangi dengan akhlakul karimah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata Kunci: Pembinaan Akhlak, Pembelajaran Tatap Muka Terbatas |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 01:49 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 01:49 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8366 |
Actions (login required)
View Item |