Isnaya, Hana Octa (2022) Penggunaan Media Game Edukasi Wordwall sebagai Upaya Mengurangi Tingkat Kecemasan Matematika Siswa Kelas VIII Madrasah Tsanawiyah. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (313kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (302kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (363kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (784kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (387kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (591kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (303kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (313kB) |
Abstract
Kecemasan matematika perlu mendapat sorotan dari guru dan tidak dapat diabaikan, karena rasa takut dan cemas tersebut dapat menyebabkan siswa kesulitan dalam proses pembelajaran matematika yang akhirnya berpengaruh pada hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan matematika siswa dengan menggunakan media game edukasi wordwall. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kuantitatif. Metode penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan menggunakan desain non-randomized control group pretest-posttest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs N 2 Kudus, sedangkan sampelnya diambil menggunakan teknik sampling purposive dengan kelas VIII B sebanyak 26 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VIII C sebanyak 29 siswa sebagai kelas kontrol. Data dikumpulkan menggunakan angket kecemasan matematika dan dokumentasi. Setelah data terkumpul dan dianalisis menggunakan independent sample t-test dan paired sample t-test, diperoleh hasil bahwa: 1) tidak ada perbedaan yang signifikan tingkat kecemasan matematika antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sebelum perlakuan, diperoleh nilai t sebesar -1,487 dengan signifikansi 0,143. 2) tingkat kecemasan matematika kelompok eksperimen lebih rendah daripada kelompok kontrol sesudah perlakuan, diperoleh nilai thitung (-2,692) < ttabel (1,67412) dengan signifikansi 0,009. 3) tingkat kecemasan matematika kelompok eksperimen sesudah penggunaan media game edukasi wordwall lebih rendah daripada sebelum penggunaan media game edukasi wordwall, diperoleh nilai thitung (-3.542) < ttabel (1,70814) dengan signifikansi 0,002, sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan media game edukasi wordwall memiliki peran dalam mengurangi tingkat kecemasan matematika siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kecemasan Matematika, Game Edukasi, Wordwall |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 08 Feb 2023 03:06 |
Last Modified: | 08 Feb 2023 03:06 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8384 |
Actions (login required)
View Item |