Zahroh, Alif Alifah (2022) Pengaruh Harga, Kepercayaan Konsumen, dan Islamic branding terhadap Keputusan Pembelian pada Pengguna Aplikasi Shopee (Studi Kasus Masyarakat Muslim Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (338kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (288kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (521kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (494kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (409kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (805kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (329kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (322kB) |
Abstract
Menurut penelitian yang dilakukan Sukawati menyatakan bahwa harga dan kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Namun, dalam penelitian Ratna Dwi Jayanti menyatakan bahwa harga tidak berpengauh signifikan terhadap keputusan pembelian. Dan juga dalam penelitian Eny Setyariningsih menyatakan bahwa kepercayaan tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian. Penelitian selanjutnya yang dilakukan oleh Winda dan Heni menyebutkan bahwa Islamic branding mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Namun, dalam penelitian Firda dan Nurdin menyatakan bahwa Islamic branding tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian konsumen. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk menguji pengaruh harga, kepercayaan konsumen, dan Islamic branding terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee studi kasus masyarakat muslim Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, baik secara parsial ataupun simultan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian yang penulis gunakan ialah penelitian lapangan (field research). Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat muslim Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus, pengambilan sampel sebanyak 96 responden menggunakan metode purposive sampling dengan menyebarkan kuesioner. Terkait pengujian instrument yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji validitas dan reliabilitas. Teknik anlisis data menggunakan analisis uji statistik melalui program olah data SPSS versi 21 yang meliputi uji asumsi klasik terdiri dari uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastisitas. Selanjutnya pengujian hipotesis terdiri dari analisis regresi linear berganda, uji t (parsial), uji F (simultan), serta koefisien determinasi (R2). Hasil penelitian berdasarkan uji t menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh signifikan antara harga terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (2,861 > 1,665), (2) tidak terdapat pengaruh signifikan antara kepercayaan konsumen terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee dengan nilai thitung lebih kecil dari ttabel (0,634 > 1,665), (3) terdapat pengaruh signifikan antara Islamic branding terhadap keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee dengan nilai thitung lebih besar dari ttabel (4,895 > 1,665). Pihak Shopee diharapkan lebih sering memberikan harga diskon atau potongan harga kepada konsumennya dan juga diharapkan memperbanyak menjual produk-produk yang mempunyai label halal. Karena upaya tersebut dapat menarik konsumen untuk selalu memilih Shopee dalam melakukan pembelian. Sedangkan kepercayaan konsumen tidak mempengaruhi keputusan pembelian pada pengguna aplikasi Shopee, jadi pihak Shopee alangkah baiknya untuk lebih memperhatikan pemberian harga diskon dan meningkatkan penjualan produk berlabel halal.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Harga, Kepercayaan Konsumen, Islamic Branding, Keputusan Pembelian |
Subjects: | Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi > Manajemen Pemasaran |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Bisnis Syariah |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 09 Feb 2023 01:56 |
Last Modified: | 09 Feb 2023 01:56 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8397 |
Actions (login required)
View Item |