Penanaman Nilai-nilai Karakter Kemandirian Belajar Siswa Melalui Kepramukaan di MI Nahdlatus Sibyan Kecapi Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021

Syah, Nur Ida Alam (2022) Penanaman Nilai-nilai Karakter Kemandirian Belajar Siswa Melalui Kepramukaan di MI Nahdlatus Sibyan Kecapi Tahunan Jepara Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (804kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (458kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (273kB)
[img] Text
4. BAB 1.pdf

Download (505kB)
[img] Text
5. BAB 2.pdf

Download (724kB)
[img] Text
6. BAB 3.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB 4.pdf

Download (492kB)
[img] Text
8. BAB 5.pdf

Download (337kB)
[img] Text
9. DAFTARPUSTAKA.pdf

Download (407kB)

Abstract

Tujuan dari pendidikan kepramukaan adalah menjadikan manusia yang memiliki kepribadian yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik,taat hukum, disiplin, dan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, memiliki kecakapan hidup, sehat jasmani dan rohani, menjadi warga negara Republik Indonesia yang berjiwa Pancasila. Tujuan dari penelitian ini adalah; 1) mendeskripsikan peranan pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter kemandirian belajar siswa di MI Nahdlatus Sibyan Kecapi Tahunan Jepara. 2) Mendeskripsikan Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dari peranan pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter kemandirian belajar siswa di MI Nahdlatus Sibyan Kecapi Tahunan Jepara Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang digunakan sumber data primer meliputi kepala madrasah, wakil kepala madrasah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data ada empat tahapan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Peranan pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter kemandirian belajar siswa di MI Nahdlatus Sibyan Kecapi Tahunan Jepara dilakukan bukan hanya pada ranah kognitifnya saja, melainkan pada ranah efektif yang berupa sikap dan pesikomotorik berupa prilaku siswa dalam kehidupan sehari-hari dan juga memberikan dan mengajarkan hal-hal yang baik terhadap murid yaitu dengan yang biasa kita sebut 3S (Salam, sapa, dan senyum) dan itu dilakukan ketika datang dan sebelum berdo’a baik ketika mau pulang ataupun akan dimulainya pelajaran dan dilakukan secara bersama-sama. 2) Faktor penghambat pendidikan kepramukaan dalam menumbuhkan nilai-nilai karakter kemandirian belajar siswa di MI Nahdlatus Sibyan Kecapi Tahunan Jepara diantaranya: a) kesadaran siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakulikuler Pramuka. b) Lingkungan Luar yang tidak mendukung. c) Teknologi. Faktor pendukung diantaranya: a) tata tertib yang mendukung, b) Pembina yang professional, c) dukungan dari kepala sekolah beserta jajarannya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Nilai, Karakter, Kemandirian, Belajar Siswa
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Feb 2023 01:59
Last Modified: 09 Feb 2023 01:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8398

Actions (login required)

View Item View Item