Pengaruh Faktor Consumer Behavior terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Kudus Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2019)

Chusna, Naila (2022) Pengaruh Faktor Consumer Behavior terhadap Keputusan Pembelian Produk Melalui E-Commerce Shopee pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Pada Mahasiswa FEBI IAIN Kudus Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2019). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (277kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (285kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (706kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (875kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (737kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (281kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (485kB)

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi yang bergitu pesat berdampak pada bidang perdagangan, yang semula transaksi jual beli dilakukan secara offline menjadi online yang menyebabkan adanya perubahan perilaku konsumen. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah faktor consumer behavior yang terdiri dari faktor budaya, sosial, dan pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk melalui e-commerce shopee pada masa pandemi covid-19 studi kasus pada Mahasiswa FEBI IAIN Kudus Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2019. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas. Adapun teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu teknik purposive sampling dengan jumlah sampel pada penelitian ini berjumlah 70 Mahasiswa FEBI IAIN Kudus Program Studi Ekonomi Syariah Angkatan 2019 yang menjadi pengguna e-commerce shopee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel faktor budaya, sosial, dan pribadi secara parsial mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian produk melalui e-commerce shopee. Hal itu dapat dibuktikan dengan hasil dari t hitung lebih besar dari t tabel dan nilai signifikan yang diperoleh lebih kecil dari 0,05 pada tiap variabel. Variabel faktor budaya (X1) sebesar 4,668>1,996 setara dengan 30,2%. Variabel faktor sosial (X2) sebesar 2,476>1,996 setara dengan 11,6%. Variabel faktor pribadi (X3) sebesar 5,895>1,996 setara dengan 29,7%. Adapun secara simultan, variabel faktor budaya, sosial, dan pribadi memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian produk di e-commerce shopee dengan nilai F hitung sebesar 55,309>2,74 dengan nilai signifikan sebesar 0,000. Sedangkan uji koefisien determinasi ditunjukkan dengan Adjutsted R Square sebesar 70,2% yang menunjukkan seberapa faktor budaya, sosial, dan pribadi berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk melalui e-commerce shopee pada masa pandemi covid-19 dan 29,8% dipengaruh oleh variabel lain yang tidak diteliti.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Faktor Budaya, Faktor Sosial, Faktor Pribadi, dan Keputusan Pembelian
Subjects: 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen
Bisnis > Manajemen

600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Bisnis > Manajemen > Marketing, Manajemen Distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 09 Feb 2023 03:27
Last Modified: 09 Feb 2023 03:27
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8413

Actions (login required)

View Item View Item