Analisis Inovasi Produk Asuransi Berbasis Wakaf di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Studi Kasus Kantor Agency M07 Semarang)

Khadziqa, Innaki (2022) Analisis Inovasi Produk Asuransi Berbasis Wakaf di PT. Asuransi Jiwa Generali Indonesia (Studi Kasus Kantor Agency M07 Semarang). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (309kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (317kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (386kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (603kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (480kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (301kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (323kB)

Abstract

Waqaf merupakan salah satu instrumen financial masyarakat muslim yang memiliki potensi untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat. Perkembangan praktik wakaf pada produk – produk lembaga keuangan syariah mejadi peluang yang sangat besar dalam pengelolaan dan pendistribusian wakaf, salah satu nya praktik wakaf pada lembaga asuransi syariah yang telah diberi legalitas pada Undang – Undang No. 41 tahun 2004 tentang wakaf tunai. Dan dikembangkan pada tahun 2016, gagasan ini menciptakan munculnya fatwa DSN MUI No. 106 Tahun 2016 tentang wakaf manfaat asuransi dan manfaat investasi. Sehingga dengan diawalinya fatwa tersebut banyak perusahaan asuransi yang memunculkan produk wakaf dengan inovasi yang berbeda – beda. Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis dan menggali lebih dalam tentang inovasi produk wakaf yang dilakukan Perusahaan Asuransi di PT. Generali Syariah Indonesia, dan menganalisis latar belakang terbentuknya program wakaf di Generali serta perencanaan keuangan wakaf yang dimiliki perusahaan tersebut. Penelitian ini merupakan eksplorasi penelitian lapangan (field research) dengan methode kualitatif deskriptif dan pendekatan fenomenologis melalui tiga teknik dalam pengumpulan data, yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Narasumber yang dituju adalah pimpinan kantor galaxy M07 Generali Semarang, admin kantor agency dan manajer kantor sebagai informan yang jelas. Setelah data - data penelitian terkumpul dan dianalisis, ditemukan hasil temuan yaitu : 1) Konsep dasar terbentuknya produk wakaf di Generali merupakan inisiatif perusahaan yang melihat dari mayoritas masyarakat muslim Indonesia 91,2% belum memiliki polis asuransi syariah, dan rata – rata aset wakaf di Indonesia bersifat konsumtif bukan produktif yang seperti wakaf tanah, wakaf propertthy, masjid dan lain – lain. 2)Inovasi produk wakaf yang menjadi pembaruan Generali yakni menciptakan program wakaf hidup dan wakaf meninggal dengan solusi fitur ROBO ARMS (Sistem Pengaman Investasi). 3) Adanya model Perencanaan keuangan dalam kesatuan produk asuransi dan wakaf, yang menjamin nasabah ketika masih hidup hingga meninggal dengan produk Be Smart Link Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Wakaf, Asuransi Syariah, Generali Indonesia
Subjects: Fiqih, Hukum Islam
Sosial dan Budaya Islam > Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf (MZW)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 10 Feb 2023 02:28
Last Modified: 10 Feb 2023 02:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8429

Actions (login required)

View Item View Item