Peran Ustadzah dalam Membina Santriwati Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Roudloh Kauman Kudus

Aini, Indah Nur (2022) Peran Ustadzah dalam Membina Santriwati Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Roudloh Kauman Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (323kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (881kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (397kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (841kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang peran ustadzah dalam membina santriwati penghafal Al-Qur'an. Ustadzah berperan dalam membina santriwati dengan tujuan membantu santriwati memecahkan masalah di lingkungan pondok pesantren agar santriwati dapat lebih fokus dalam menghafal Al-Qur'an. Penelitian ini merupakan studi analisis dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan alat pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan informan yaitu, pengasuh pondok pesantren, guru tahfidzul dan santriwati. Setelah penelitian ini dilakukan, diketahui bahwa jumlah santri di Pondok Pesantren Tahfidz Ar-Roudloh Kauman Kudus sebanyak 41 anak yang berasal dari luar kota. Penelitian peneliti berfokus pada santriwati, dimana terdapat 9 santriwati tingkat anak. Peran ustadzah sebagai konselor Islam untuk membina santriwati tingkat anak-anak dalam menghafal Al-Qur'an dengan menerapkan 3 metode khusus, seperti ustadzah sebagai suri tauladan dalam membina akhlak santriwati agar dapat menirunya. Selain itu, ustadzah dapat menjadi sahabat atau kepercayaan dalam membantu menyelesaikan masalah dengan lingkungannya dan ustadzah dapat menjadi motivator bagi santriwati ketika mereka malas untuk menghafal Al-Qur'an. Adapun faktor pendukung peran ustadzah sebagai konselor Islam untuk membina santriwati tingkat anak-anak dalam menghafal Al-Qur'an adalah faktor lingkungan sosial, fasilitas yang mendukung kemampuan menghafal Al-Qur'an, hubungan ustadzah dengan santriwati. Sedangkan faktor penghambat yang muncul adalah, permasalahan awal santriwati yang belum bisa membaca Al-Qur'an dengan baik, rasa malas dan ngantuk pada santriwati dalam menghafal Al-Qur'an, gangguan kesehatan dan perubahan dalam diri suasana hati ustadzah yang dapat mempengaruhi aktivitas mengaji, rendahnya motivasi santriwati dalam menghafal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Peran, Ustadzah, Membina
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:25
Last Modified: 13 Feb 2023 02:25
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8446

Actions (login required)

View Item View Item