Implementasi Metode Bermain Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Kudus

Sa’diyah, Halimatus (2022) Implementasi Metode Bermain Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (325kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (287kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (351kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (688kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (388kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (533kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (324kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan seorang ABK dalam melakukan interaksi sosial dengan teman sebayanya, sehingga mereka dapat diterima dalam lingkup tersebut. Semakin bagus keterampilan seorang ABK, maka akan mudah bagi mereka menjalin hubungan dengan orang lain. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengetahui bagaimana implementasi bermain Kooperatif untuk Meningkatkan Keterampilan sosial bagi Anak Berkebutuhan Khusus di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Krandon, (2) Untuk mengetahui bagaimana hasil yang dicapai dalam meningkatkan keterampilan sosial anak berkebutuhan khusus di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Krandon melalui metode bermain kooperatif, (3) Untuk mengetahui apa saja faktor yang dapat menghambat maupun mendukung adanya peningkatan keterampilan sosial ABK dengan menggunakan metode bermain kooperatif di Rumah Terapi ABK Darul Fathonah Krandon. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini meliputi data collection, data reduction, data display, dan verification. Dalam penelitian ini menggunakan lima dimensi yang dikemukakan oleh Caldarella dan Merrel yaitu peer relationship skills, self management skills, academic skills, complience skills, dan assertion skills. Hasil penelitian ini adalah (1) Proses pelaksanaan metode bermain Kooperatif terfokus pada ABK dalam kelas klasikal (2) Penerapan metode bermain kooperatif menghasilkan keterampilan sosial ABK yang berbeda-beda, (3) Faktor pendukung dalam penelitian ini diantaranya: terapis yang kompeten, mood ABK dalam keadaan stabil, dan sarana-prasarana yang mendukung. Sedangkan faktor penghambat dalam penelitian ini diantaranya: kurangnya jumlah terapis, mood ABK dalam keadaan tidak stabil, dan sarana-prasarana yang jumlahnya terbatas sehingga perlu bergantian ketika memakainya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Metode bermain kooperatif, Keterampilan Sosial, ABK
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 02:26
Last Modified: 13 Feb 2023 02:26
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8447

Actions (login required)

View Item View Item