Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Etnobiologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Reproduksi Manusia di MA Ma’ahid Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Fithriyana, Eva Fadliilatul (2022) Implementasi Model Problem Based Learning Berbasis Etnobiologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Materi Sistem Reproduksi Manusia di MA Ma’ahid Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (495kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (189kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (516kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (928kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (788kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (605kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (296kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (653kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan model problem based learning berbasis etnobiologi materi sistem reproduksi manusia dan efektifitas model problem based learning berbasis etnobiologi untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi sistem reproduksi manusia di MA Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian yaitu metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Jenis eksperimen yang dipakai adalah Quasi eksperimen dengan desain pretest posttest control group design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA MA Ma’ahid Kudus tahun ajaran 2021/2022. Sampel dalam penelitian eksperimen ini diambil dua kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dengan soal tes essay kemampuan berpikir kritis dan lembar observasi. Teknik analisis data menggunakan uji independent sample t test. Hasil penelitian berdasarkan lembar observasi pelaksanaan model problem based learning berbasis etnobiologi materi sistem reproduksi manusia memperoleh persentase 95,2% dengan kriteria sangat baik. Model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis, dibuktikan dengan hasil nilai pretest dan posttest dikelas eksperimen dimana memperoleh rata-rata nilai pretest sebesar 36.83 dengan kriteria sangat rendah atau sangat tidak kritis. Sedangkan rata-rata nilai posttest mengalami peningkatan sebesar 77.35 dengan kriteria tinggi atau kritis. Hasil uji hipotesis menggunakan uji t didapatkan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05 sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Penelitian ini terdapat perbedaan signifikan hasil kemampuan berpikir kritis kelas eksperimen dengan model pembelajaran yang digunakan yaitu model problem based learning berbasis etnobiologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Etnobiologi, Kemampuan Berpikir Kritis, Sistem Reproduksi Manusia
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 13 Feb 2023 07:29
Last Modified: 13 Feb 2023 07:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8466

Actions (login required)

View Item View Item