Peningkatan Kemampuan Membaca Surat-Surat Pendek Sesuai Makhraj dan Tajwid Melalui Metode Qiroati Siswa Kelas III SDN 02 Karangnongko, Nalumsari, Jepara

Syafira, Wahyu Anggraini Lailatus (2022) Peningkatan Kemampuan Membaca Surat-Surat Pendek Sesuai Makhraj dan Tajwid Melalui Metode Qiroati Siswa Kelas III SDN 02 Karangnongko, Nalumsari, Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (332kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (350kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (530kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (800kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (395kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (574kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (371kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)

Abstract

Kegiatan membaca surat-surat pendek sesuai makhraj dan tajwid dilaksanakan di SDN 02 Karangnongko. Kegiatan membaca surat-surat pendek tersebut sangat penting dilaksanakn karena kualitas bacaan Al-Qur’an siswa yang rendah seperti panjang pendek bacaan yang kurang sesuai, bacaan tajwid yang tidak tepat, ketepatan makhraj, serta tidak fasih dalam membaca ayat Al-Qur’an. Dengan adanya hal tersebut dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an guru menerapkan metode Qiroati dimana dengan metode tersebut pendidik mencontohkan bacaan secara benar lalu siswa menriukan apa yang dicontohkan guru. Tujuan dilaksanakannya pembelajaran membaca Al-Qur’an tersebut yaitu agar bacaan Al-Qur’an siswa lebih terarah, sesuai sesuai makhraj dan hukum tajwidnya, serta siswa mampu membiasakan membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian lapangan (field research). Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian adalah SDN 02 Karangnongko Nalumsari Jepara. Subjek penelitian meliputi kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan perpanjangan pengamatan, meningkatkan ketekunan, triangulasi, dan menggunakan bahan referensi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menyimpulkan: (1)Proses pelaksanaan tadarus membaca surat-surat pendek sesuai dengan makhraj dan tajwid di SDN 02 Karangnongko Nalumsari Jepara pada siswa kelas III sudah baik, adapun tujuan-tujuan yang dilakukan meliputi meningkatkan kemampuan membaca surat-surat pendek, mengembangkan keterampilan peserta didik dalam memperoleh dan memproses informasi, menumbuhkembangkan kebiasaan baik dalam kehidupan sehari-hari peserta didik. (2) Peningkatan kemampuan membaca surat-surat pendek sesuai makhraj dan tajwid di SDN 02 Karangnongko Nalumsari Jepara yaitu pendidik membuat langkah-langkah perencanaan pembelajaran agar suatu pembelajaran yang akan dilaksanakan dapat berjalan dengan baik, dan peserta didik mengalami peningkatan terhadap bacaan siswa yang lebih baik, fasih, serta sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Sehingga siswa dapat mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari misalnya saat beribadah sholat. (3) Faktor pendukung, faktor penghambat, serta solusi peningkatan kemampuan membaca surat-surat pendek sesuai makhraj dan tajwid melalui metode Qiroati pada siswa kelas III di SDN 02 Karangnongko Nalumsari Jepara. Faktor pendukung yang paling penting adalah guru, serta kecakapan dan keahlian kepala sekolah. Sedangkan, faktor penghambat peningkatan kemampuan membaca surat-surat pendek sesuai makhraj dan tajwid melalui metode Qiroati pada siswa kelas III di SDN 02 Karangnongko Nalumsari Jepara salah satunya adanya guru yang tertutup akan kekurangan yang dimilikinya, peserta didik yang tidak mau bertanya apabila belum paham, dan sarana prasarana yang ada belum lengkap. Solusi peningkatan kemampuan membaca surat-surat pendek sesuai dengan makhraj dan tajwid melalui metode Qiroati pada siswa kelas III di SDN 02 Karangnongko Nalumsari Jepara agar dapat berjalan dengan baik antara lain, kepala sekolah membimbing, mengawasi, mengarahkan, serta membekali dengan kegiatan PPG, mengadakan kunjungan kelas dan guru juga diharuskan mengikuti pelatihan, penataran, serta pembinaan guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan Membaca Surat-Surat Pendek, Makhraj dan Tajwid, Metode Qiroati.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Feb 2023 01:45
Last Modified: 14 Feb 2023 01:45
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8480

Actions (login required)

View Item View Item