Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an Peserta Didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022

Itsnaini, Ainiya Nur (2022) Strategi Guru Tahfidz Dalam Meningkatkan Hafalan Al Qur’an Peserta Didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (781kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (408kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (339kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (585kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (814kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (379kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (662kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (383kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (329kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan (1) untuk mengetahui strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022 (2) untuk mengetahui faktor pendukung dan faktor penghambat strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik MI Darul Ulum 02 Ngembalrejo Bae Kudus Tahun Ajaran 2021/2022. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan uji credibility, uji dependability dan uji confirmability Analisis data yang digunakan peneliti adalah dengan cara mereduksi data, menyajikan data, menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penelitian ini (1) strategi guru tahfidz dalam meningkatkan hafalan Al Qur’an peserta didik yaitu menggunakan metode taqriri, metode talaqqi dan metode tasmi’. (2) Faktor pendukung dalam penerapan strategi guru tahfidz terdiri dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal berasal dari diri peserta didik sendiri berupa minat, bakat dan kecerdasan dalam menghafal Al Qur’an. Faktor eksternal berasal dari luar diri peserta didik yaitu lingkungan sosial disekitar peserta didik, motivasi guru, dorongan dari orang tua dan tempat menghafal. Faktor penghambat dalam penerapan strategi guru tahfidz adalah kurangnya minat peserta didik dalam menghafal Al Qur’an, peserta didik yang belum bisa membaca Al Qur’an, sarana dan prasarana dan ruangan kelas yang belum bisa kondusif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Strategi Guru Tahfidz, Hafalan Al-Qur’an
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 14 Feb 2023 02:53
Last Modified: 14 Feb 2023 02:53
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8485

Actions (login required)

View Item View Item