Purwaningsih, Siti (2022) Penerapan Metode Unit Teaching Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Pembelajaran Jarak Jauh Mata Pelajaran IPA Di MI Asrorul Islam Kluwan Penawangan Grobogan Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (270kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (279kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (645kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (543kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (461kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (778kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (271kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (374kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode Unit Teaching untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran IPA di MI Asrorul Islam Kluwan Penawangan Grobogan. Disamping itu juga untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan metode Unit Teaching untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran IPA di MI Asrorul Islam Kluwan Penawangan Grobogan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, guru kelas V, waka kurikulum, dan siswa kelas V. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Analisis data yang digunakan yaiti dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Berdasarkan penelitian dapat disimpulkan bahwa proses kegiatan pembelajaran dengan menggunakan metode Unit Teaching dibagi dalam 3 tahap yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan inti, dan kegiatan penutup. Dalam penerapan metode Unit Teaching ini siswa dibagi menjadi beberapa kelompok belajar. Dengan demikian, penerapaan metode Unit Teaching sangat tepat digunakan dalam pembelajaran jarak jauh karena siswa bisa bertemu dengan teman-temanya dan belajar bersama hal itu bisa meningkatkan motivasi belajarnya daripada harus belajar sendiri di rumah. Faktor pendukung dalam penerapan metode Unit Teaching untuk meningkatkan motivasi belajar pada pembelajaran jarak jauh mata pelajaran IPA di MI Asrorul Islam yaitu pendidik yang berkompeten dan interaksi guru, siswa, orang tua. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu dari segi guru dan siswa, dan kesibukan orang tua. Adanya faktor pendukung dan penghambat bisa menjadi bahan evaluasi untuk dapat meningkatkan kualitas pembelajaran dalam pembelajaran jarak jauh
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Metode Unit Teaching, Motivasi Belajar, Pembelajaran Jarak Jauh |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 01:59 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 01:59 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8530 |
Actions (login required)
View Item |