Implementasi Konseling Rational Emotive Behaviour (REB) Berbasis Kitab Akhlaq Lil Banin Untuk Membentuk Karakter Akhlakul Karimah Siswa Di SMP Taqdis Nurul Huda Boarding School Kajen Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2021/2022

Mukarromah, Makiyatul (2022) Implementasi Konseling Rational Emotive Behaviour (REB) Berbasis Kitab Akhlaq Lil Banin Untuk Membentuk Karakter Akhlakul Karimah Siswa Di SMP Taqdis Nurul Huda Boarding School Kajen Margoyoso Pati Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf

Download (2MB)
[img] Text
2. Abstrak.pdf

Download (602kB)
[img] Text
3. Daftar Isi.pdf

Download (704kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (1MB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (1MB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V_1.pdf

Download (835kB)
[img] Text
9. Daftar Pustaka.pdf

Download (701kB)

Abstract

Konseling Rational Emotive Behaviour (REB) pada mulanya dikenal dengan sebutan Rational Emotive, merupakan bentuk konseling yang berbasis psikoterapi, komprehensif, aktif direktif, filosofis, empiris yang berfokus pada penyelesaiaan permasalahan gangguan emosional dan perilaku, serta menghantarkan individu untuk lebih bahagia dan hidup lebih bermakna (fulfilling lives). Pada pelaksanaan proses layanan konseling, tentu haruslah ada pengimplementasian model, strategi, pendekatan, dan procedural konseling yang sesuai dengan tuntutan dan kebutuhan serta tujuan yang akan dicapai. Maka diperlukan adanya inovasi konsep model layanan konseling yang dapat memberikan pelayan secara optimal untuk membimbing, mengarahkan, dan mendidik siswa yang tinggal di asrama atau boarding school. Metode penelitian ini merupakan jenis field research atau penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskripstif yang mendiskripsikan tentang bagaimana konsep dan implementasi konseling REB berbasis kitab Akhlaq Lil Banin untuk membangun karakter Akhlakul Karimah siswa. Teknik pengumpulan data penelitian menggunakan teknik wawancara terstruktur dan semi terstruktur, disertai observasi partisipan dan non partisipan juga metode dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan pola konseling dengan teknikal terapi yang menekankan tiga aspek penting yaitu; kognitif, emosi, dan perilaku yang mana metodenya mengkombinasikan konseling modern dengan materi pembelajaran konvensional yakni kitab salaf Akhlaq Lil Banin. Strategi dan pendekatan ini memuat empat strategi langkah utama konseling REB dan empat tahap pendekatan kegiatan konseling. Empat strategi langkah utamanya; 1) penunjukkan perilaku, 2) penyadaran akan tanggung jawab, 3) pemusnahan pemikiran irasional, 4) pengembangan pandangan yang realistis. Sedangkan empat tahap pendekatan kegiatan konseling meliputi; 1) tahap pembentukan, 2) tahap peralihan, 3) tahap kegiatan, 4) tahap akhir sesaui slabus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Konseling, Rational Emotive Behaviour (REB), Karakter Akhlaqul Karimah
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Bimbingan Konseling Islam (BKI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 16 Feb 2023 02:32
Last Modified: 16 Feb 2023 02:32
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8543

Actions (login required)

View Item View Item