Hermawan, Yogik Delta (2022) Manajemen Pembelajaran dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Guna Mempersiapkan Generasi Emas Indonesia (Studi Kasus Siswa MTs Tahfidz Yanbu’ul Qur’an Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (345kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (304kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (410kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (949kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (369kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (671kB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (311kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (321kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan : 1) Untuk mengetahui pelaksanaan manajemen pembelajaran. 2) Untuk mengetahui peran manajemen pembelajaran dalam meningkatkan pendidikan karakter guna mempersiapkan generasi emas Indonesia. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat terkait penelitian. Penelitian ini termasuk field research dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil analisis data diperoleh temuan sebagai berikut: Pertama, Pelaksanaan manajemen pembelajaran dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu planning terfokus adanya integrasi antara kegiatan pondok pesantren dengan kegiatan madrasah. Organizing berfokus pada pembagian job desk masing-masing komponen. Actuating dilaksanakan dalam dua jenis, yaitu pengarahan dan dukungan. Serta controlling dilakukan langsung oleh pimpinan madrasah bersama jajarannya. Kedua, Peran manajemen pembelajaran dalam meningkatkan pendidikan karakter guna mempersiapkan generasi emas Indonesia dilaksanakan dengan melalui beberapa kegiatan manajemen, meliputi manajemen kurikulum yang dilandasi dengan kurikulum Kementerian Agama, manajemen sumber daya manusia dalam bentuk seleksi hingga aturan yang ketat, manajemen sarana dan prasarana mulai dari perencanaan, pengadaan, pemeliharaan, inventarisasi hingga penghapusan sarana dan prasarana, serta manajemen penilaian yang lebih menekankan penilaian afektif, dengan tidak mengesampingkan penilaian kognitif dan psikomotorik. Selain itu peran manajemen pembelajaran dalam meningkatkan pendidikan karakter guna mempersiapkan generasi emas Indonesia adalah terbentuknya karakter siswa yang religius, tanggung jawab, mandiri dan saling menghargai. Serta memiliki sikap positif (optimis, tekun, dan kerja keras), komitmen normatif (loyalitas), pola pikir esensial (berpikir sistematis dan komprehensif), dan kompetensi abilitas (kepuasan akan suatu hal). Ketiga, Faktor pendukung dari penelitian ini yaitu konsep manajemen pembelajaran yang jelas, sumber daya manusia yang berkualitas dan monitoring dari pimpinan. Faktor penghambatnya adalah padatnya aktivitas siswa, kurangnya tenaga guru, dan jumlah siswa terlalu banyak.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Generasi Emas, Manajemen Pembelajaran, MTs Tahfidz Yanbu'ul Qur'an Kudus, Pendidikan Karakter |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 16 Feb 2023 02:40 |
Last Modified: | 16 Feb 2023 02:40 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8549 |
Actions (login required)
View Item |