MANAJEMEN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul Karanganyar Demak

Fitriyana, Anis Maulida (2016) MANAJEMEN KEUANGAN DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul Karanganyar Demak. Masters thesis, Stain Kudus.

[img] Text
COVER.pdf

Download (667kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (307kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (290kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (343kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (388kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (410kB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (271kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (277kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya manajemen keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Hampir seluruh program membutuhkan dana agar program tersebut dapat terlaksana. Salah satunya dalam meningkatkan mutu pendidikan di madrasah secara bertahap harus selalu diupayakan. Ketika mutu input bisa terpenuhi dengan baik maka mutu proses dan mutu hasil akan sangat berpengaruh. Hal yang menyangkut mutu input adalah sarana prasarana yang memadai. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif pada kasus yang terdapat di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka ditemukan beberapa hal: pertama, perencanaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul harus memiliki skala prioritas untuk menentukan program-program yang diutamakan dan membuat sebuah usaha yang didirikan langsung untuk madrasah sehingga madrasah punya dana tambahan ketika merencanakan keuangan. Kedua, pelaksanaan keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul harus mempunyai kebijakan dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam menghadapi masalah dalam melaksanakan keuangan madrasah. Ketiga, evaluasi keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul harus menggunakan asas keterbukaan dan komunikasi yang baik. Dengan keterbukaan dan komunikasi yang baik selalu diutamakan akan memberi dampak yang baik untuk perbaikan ke depannya karena masalah yang terungkap dalam proses evaluasi ini dapat terselesaikan dan meminimalisir halhal yang ditutup-tutupi. Perbaikan yang ditemukan dalam proses evaluasi akan memengaruhi perencanaan ke depannya. Keempat, pertanggungjawaban keuangan dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTs Salafiyah Roudlotul Mujahadah NU Undaan Kidul perlu dilakukan koordinasi yang baik antara kepala madrasah sebagai pihak yang bertanggungjawab dengan bendahara madrasah. Dari data yang ditemukan, penulis menyarankan terkait dengan perencanaan keuangan madrasah perlu menambah pemasukan sumber dana yang didirikan sendiri oleh madrasah, misalnya mendirikan koperasi yang dikelola oleh madrasah. Sedangkan kaitannya dengan mutu pendidikan, madrasah perlu mengupayakan peningkatan kepercayaan terhadap masyarakat tanpa meninggalkan karakter yang dimiliki madrasah. Salah satunya dengan cara meningkatkan sarana-prasarana agar lebih lengkap dan memadai. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa masyarakat lebih memilih madrasah yang sarana prasarana lebih memadai, gedung yang megah, dan madrasah yang berada di kota.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manajemen Keuangan; Peningkatan Mutu
Subjects: Sosial > Ilmu Ekonomi > Ekonomi Keuangan
Sosial > Pendidikan
Divisions: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 04:59
Last Modified: 18 Mar 2017 04:59
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/860

Actions (login required)

View Item View Item