Arief Chunafa, Muhammad (2016) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN VARIASI DESAIN KELAS UNTUK MENCIPTAKAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM NGERANG TAMBAKROMO PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Penelitian yang dilakukan adalah berupa penelitian lapangan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk pengelolaan variasi desain kelas untuk menciptakan kenyamanan belajar. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Ngerang Tambakromo Pati. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian, yang paling besar, dan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian tidak didasarkan pada sampel statistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana proses pembelajaran Al-Quran Hadits ?, bagaimana implementasi pengelolaan variasi desain kelas untuk menciptakan kenyamanan belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadits ?, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pengelolaan variasi desain kelas untuk menciptakan kenyamanan belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Miftahul Ulum Ngerang Tambakromo Pati ?. selain itu tujauan dari pengelolaan variasi desain kelas diharapkan siswa siswi MTs Miftahul Ulum merasa nyaman dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data data dengan menggunakan pedoman observasi, yaitu observasi parsitipatif, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa pengelolaan variasi desain kelas terbagi menjadi pengelolaan fisik dan non fisik. Pengelolaan fisik yaitu pengelolaan tata ruang kelas yang meliputi keindahan dinding kelas dan variasi formasi bangku kelas. Dan pengelolaan non fisik terdiri dari materi, strategi, metode, dan teknik, dan pengelolaan fisik terdiri dari penataan formasi bangku, pengaturan fentilasi, pemberian reward, pemberian motivasi, serta pengaturan waktu. Adapun faktor pendukung adalah fasilitas yang memadai dan faktor penghambatnya adalah kepribadian peserta didik yang berbeda membuat antusias negatif peserta didik. Implementasi pengelolaan variasi desain kelas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Ngerang Tambakromo Pati selalu berjalan dengan konsisten, artinya kondisi kelas selalu terjaga tetap kondusif, menyenangkan dan nyaman.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Variasi Desain Kelas; Kenyamanan Belajar |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 05:03 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 05:03 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/861 |
Actions (login required)
View Item |