IMPLEMENTASI PENGELOLAAN VARIASI DESAIN KELAS UNTUK MENCIPTAKAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM NGERANG TAMBAKROMO PATI

Arief Chunafa, Muhammad (2016) IMPLEMENTASI PENGELOLAAN VARIASI DESAIN KELAS UNTUK MENCIPTAKAN KENYAMANAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADITS DI MADRASAH TSANAWIYAH MIFTAHUL ULUM NGERANG TAMBAKROMO PATI. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (2MB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (2MB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (2MB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (2MB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (2MB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (2MB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (2MB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (2MB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian yang dilakukan adalah berupa penelitian lapangan. Penelitian ini membahas tentang bagaimana bentuk pengelolaan variasi desain kelas untuk menciptakan kenyamanan belajar. Penelitian ini berlokasi di Madrasah Tsanawiyah Ngerang Tambakromo Pati. Penelitian ini termasuk penelitian Deskriptif yaitu suatu bentuk penelitian, yang paling besar, dan menggunakan metode kualitatif yaitu penelitian tidak didasarkan pada sampel statistik. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang bagaimana proses pembelajaran Al-Quran Hadits ?, bagaimana implementasi pengelolaan variasi desain kelas untuk menciptakan kenyamanan belajar pada mata pelajaran Al-Quran Hadits ?, dan apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam implementasi pengelolaan variasi desain kelas untuk menciptakan kenyamanan belajar mata pelajaran Al-Quran Hadits di MTs Miftahul Ulum Ngerang Tambakromo Pati ?. selain itu tujauan dari pengelolaan variasi desain kelas diharapkan siswa siswi MTs Miftahul Ulum merasa nyaman dalam pembelajaran Al-qur’an Hadits. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang diteliti. Pengumpulan data data dengan menggunakan pedoman observasi, yaitu observasi parsitipatif, wawancara, dokumentasi, dan trianggulasi. Hasil penelitian yang dilakukan menyebutkan bahwa pengelolaan variasi desain kelas terbagi menjadi pengelolaan fisik dan non fisik. Pengelolaan fisik yaitu pengelolaan tata ruang kelas yang meliputi keindahan dinding kelas dan variasi formasi bangku kelas. Dan pengelolaan non fisik terdiri dari materi, strategi, metode, dan teknik, dan pengelolaan fisik terdiri dari penataan formasi bangku, pengaturan fentilasi, pemberian reward, pemberian motivasi, serta pengaturan waktu. Adapun faktor pendukung adalah fasilitas yang memadai dan faktor penghambatnya adalah kepribadian peserta didik yang berbeda membuat antusias negatif peserta didik. Implementasi pengelolaan variasi desain kelas pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Ngerang Tambakromo Pati selalu berjalan dengan konsisten, artinya kondisi kelas selalu terjaga tetap kondusif, menyenangkan dan nyaman.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pengelolaan Variasi Desain Kelas; Kenyamanan Belajar
Subjects: Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 05:03
Last Modified: 18 Mar 2017 05:03
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/861

Actions (login required)

View Item View Item