Ariyani, Elsa (2022) Implementasi Program Adiwiyata Nasional Dalam Membentuk Karakter Peduli Lingkungan Peserta Didik Kelas VIII Di SMP Negeri 1 Dawe. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (220kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (162kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (265kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (444kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (298kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (457kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (227kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (205kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi mengenai permasalahan lingkungan yang terjadi di sekitar. Kementrian Lingkungan Hidup RI bersama Kementrian Pendidikan membuat program adiwiyata yang diaplikasikan dalam lembaga pendidikan sebagai cara dalam membentuk karakter peduli lingkungan. SMP Negeri 1 Dawe merupakan salah satu yang menerapkan kebijakan program adiwiyata. Dari hal tersebut didapatkan tujuan yakni: 1) Menguraikan sikap karakter peduli lingkungan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Dawe. 2) Menganalisis implementasi program adiwiyata nasional dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Dawe. 3) Mengidentifikasi hambatan serta solusi yang ditemukan pada implementasi program adiwiyata nasional dalam membentuk karakter peduli lingkungan peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Dawe. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti terjun langsung ke lapangan untuk melakukan penelitian dan pengamatan. Adapun pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik yang digunakan yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan dalam uji kebasahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi (sumber, teknik dan waktu). Selanjutnya data dianalisis dengan teknik pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah 1) sikap karakter peduli lingkungan peserta didik kelas VIII menunjukkan kata baik dengan banyaknya hal-hal yang sudah mereka lakukan dalam kegiatan sehari-hari, 2) implementasi program adiwiyata nasional yang terdiri dari empat komponen, masing-masing dari warga sekolah memiliki peran dan tugasnya dalam mewujudkan hal tersebut. Baik dari kepala sekolah, waka kurikulum, pendidik, OSIS dan peserta didik. 3) dalam proses implementasi program adiwiyata didapatkan hambatan yang diperoleh dari beberapa pihak namun disamping dalam hambatan terdapat pula solusi yang ditawarkan untuk meminimalisir adanya hamabatan tersebut. Hambatan yang sering terjadi biasanya berkaitan pada sikap karakter peduli lingkungan yang naik turun oleh peserta didik dalam melakukan kegiatan di lingkungan sekolah ataupun luar sekolah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program Adiwiyata, Karakter Peduli Lingkungan, Peserta kelas VIII |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPS |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 20 Feb 2023 07:27 |
Last Modified: | 20 Feb 2023 07:27 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8612 |
Actions (login required)
View Item |