PENGARUH POLA BELAJAR STIMULUS RESPONSE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU WAHID HASYIM SALAFIYAH JEKULO KUDUS TAHUN 2014/ 2015

Khoiri, Ahmad (2016) PENGARUH POLA BELAJAR STIMULUS RESPONSE LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN PSIKOMOTORIK SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQIH DI MA NU WAHID HASYIM SALAFIYAH JEKULO KUDUS TAHUN 2014/ 2015. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (74kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (111kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (89kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (142kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (400kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (81kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Pendidik dituntut untuk menciptakan suatu pembelajaran yang menarik minat siswa untuk bisa mengembangkan bakat mereka. Pembelajaran yang kurang tepat akan membuat peserta didik jenuh yang akhirnya tidak bisa mengembangkan bakat dan minat mereka. Untuk mendapatkan pembelajaran yang efektif perlu adanya pendekatan yang sesuai untuk diaplikasikan dalam sebuah kelas tertentu. Salah satunya adalah dengan menggunakan pola belajar Stimulus Respone. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pola belajar stimulus response learning terhadap kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus tahun 2014/ 2015. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif jenis field research, yaitu dengan menggunakan teknik pengumpulan data melalui kuesioner (angket), Observasi (pengamatan), dan dokumentasi, dengan mengambil lokasi di MA NU Wahid hasyim salafiyah Jekulo Kudus. Sedangkan analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistika. Dalam penelitian ini diketahui bahwa : hubungan pola belajar stimulus respone termasuk kategori yang cukup baik dan kemampuan psikomotorik siswa nmenunjukkan kategori yang cukup baik juga. data ini termasuk normal berdasarkan uji normalitas data yang menunjukkan angka 0,377. Berdasarkan uji hipotesis dapat kita ketahui bahwa Fhitung lebih besar dari pada Ftabel (166,457 > 7,08), maka hipotesis yang peneliti ajukan diterima atau penerapan pola belajar stimulus response learning benar-benar mempengaruhi kemampuan psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih di MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus. Nilai hasil koefisiensi determinasi diperoleh nilai sebesar 72,9% terhadap kemampuan Psikomotorik siswa pada mata pelajaran fiqih siswa MA NU Wahid Hasyim Salafiyah Jekulo Kudus Tahun 2014/ 2015

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pola Belajar; Stimulus Response Learning; Kemampuan Psikomotorik
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Psikologi Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 18 Mar 2017 05:06
Last Modified: 18 Mar 2017 05:06
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/862

Actions (login required)

View Item View Item