Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Pendekatan Kontekstual

Kori’ah, Siti (2022) Pengaruh Kecerdasan Logis Matematis terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar melalui Pendekatan Kontekstual. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (279kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (279kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (466kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (421kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (416kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (300kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (301kB)

Abstract

Peserta didik yang memiliki tingkat kecerdasan logis matematis yang tinggi, belum tentu memiliki kemampuan pemecahan masalah yang tinggi pula. Hal itu dikarenakan guru kurang tepat dalam memilih strategi pembelajaran, sehingga peserta didik kurang mengasah kecerdasan logis matematis yang dimilikinya. Strategi yang diduga tepat untuk mengasah kecerdasan logis matematis yang dimiliki peserta didik dalam memecahkan masalah adalah pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan terdapat hubungan kecerdasan logis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar melalui pendekatan kontekstual dan untuk membuktikan terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar melalui pendekatan kontekstual. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII B MTs Tauhidiyah Sulang. Data penelitian dikumpulkan melalui instrumen angket kecerdasan logis matematis, tes soal kemampuan pemecahan masalah matematis, dan dokumentasi kegiatan penelitian. Setelah data terkumpul dan dianalisis dengan menggunakan dua tehnik yaitu korelasi linear sederhana dan regresi linear sederhana penelitian ini menghasilkan kesimpulan, yaitu: 1) Terdapat hubungan yang positif (r =0,417) dan signifikan antara kecerdasan logis matematis dan kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar melalui pendekatan kontekstual. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan kecerdasan logis matematis terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis pada materi bangun ruang sisi datar melalui pendekatan kontekstual sebesar 17,4 % yang dijelaskan melalui persamaan garis regresi Y=3,360+0,265X

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan Logis Matematis, Kemampuan Pemecahan Masalah, Pendekatan Kontekstual
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 21 Feb 2023 02:12
Last Modified: 21 Feb 2023 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8624

Actions (login required)

View Item View Item