Mujab, Saikhul (2017) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN TAJWID MENGGUNAKAN KITAB RISALATUL QURRO’ WAL HUFFADH DI PONDOK PESANTREN TAHFIDH PUTRA AL-GHUROBAA’ TUMPANGKRASAK JATI KUDUS TAHUN 2016/2017. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
01. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (1MB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (1MB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (1MB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (1MB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (975kB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang Implementasi Pembelajaran Tajwid Menggunakan Kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh Di Pondok Pesantren Tahfidh Putra Al-Ghurobaa’ yang kajiannya dilatar belakangi oleh banyaknya santri pemula yang bacaan Al-Qur’annya di pandang belum maksimal dikarenakan minimnya pengetahuan mereka terhadap ilmu tajwid terlebih bacaan gharib. Karena itu dari pihak pesantren memberikan pembekalan untuk para santri khususnya santri pemula supaya mereka tahu akan pentingnya mempelajari ilmu tajwid khususnya bacaan gharib. Berdasarkan keterangan di atas, dalam penyusunan skripsi ini rumusan yang diangkat adalah (a) implementasi pembelajaran tajwid menggunakan kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh (b) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran tajwid menggunakan kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh. Selain itu tujuan dari penelitian ini adalah melalui implementasi implementasi pembelajaran tajwid menggunakan kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh diharapkan peserta didik dapat memperbaiki bacaan al-Qur’an yang dirasa masih kurang maksimal menjadi lebih baik sesuai dengan kaidah-kaidah bacaan yang berlaku. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif yang bertujuan memberikan gambaran mengenai permasalahan yang sedang diteliti. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, wawancara, dokumentasi, dan triangulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan pada santri dan ustadz Pondok Pesantren Tahfidh Putra Al-Ghurobaa’, dari hasil observasi bacaan santri Pondok Pesantren Tahfidh Putra Al-Ghurobaa’ ketika tartilan sudah sesuai dengan ilmu tajwid dan gharib. Tetapi, pemahaman santri terhadap kitab Risalatul Qurro’ wal huffadh (bacaan gharib) di nilai masih kurang, hal tersebut jika dilihat dari nilai hasil tes santri, masih banyak yang mendapat nilai 70. Sedangkan kemampuan membaca santri mengenai bacaan gharib dari hasil pengamatan (observasi) saat tartilan, santri ketika membaca bacaan gharib sudah cukup baik. Dari penelitian ini dapat ditarik kesimpulan bahwa pemahaman santri mengenai materi gharib santri Pondok Pesantren Tahfidh Putra Al-Ghurobaa’ Tumpangkrasak Jati Kudus walaupun pemahaman teori santri lebih rendah daripada prakteknya akan tetapi kemampuan membaca santri tergolong cukup. Saran dari peneliti adalah supaya PP. Tahfidh Putra Al-Ghurobaa’ bisa memperbaiki kembali pembelajaran al-Qur’annya terlebih bacaan Gharib
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Tajwid; Kitab Risalatul Qurro’ Wal Huffadh |
Subjects: | Al-Qur`an dan Ilmu yang berkaitan > Ilmu-Ilmu Al-Qur`an > Ilmu Qiraat > Tajwid Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 05:16 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 05:16 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/864 |
Actions (login required)
View Item |