Ashfa, Fatimah Khaudlohul (2022) Penggunaan Instagram sebagai Media Dakwah Bagi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. Cover - Kata Pengantar.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. Abstrak.pdf Download (199kB) |
|
Text
3. Daftar Isi.pdf Download (149kB) |
|
Text
4. Bab I.pdf Download (411kB) |
|
Text
5. Bab II.pdf Download (442kB) |
|
Text
6. Bab III.pdf Download (240kB) |
|
Text
7. Bab IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. Bab V.pdf Download (207kB) |
|
Text
9. Daftar Pustaka.pdf Download (337kB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui alasan mahasiswa KPI IAIN Kudus memilih instagram sebagai media dakwah, untuk mengetahui manfaat penggunaan instagram, dan untuk mengetahui faktor penghambat instagram sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif disajikan deskriptif. Penelitian dengan judul “Penggunaan Instagram sebagai Media Dakwah bagi Mahasiswa Komunikasi Penyiaran Islam IAIN Kudus” menggunakan teori Uses and Gratifications terkait penggunaan media guna mencukupi kebutuhan khalayak. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan 7 mahasiswa KPI IAIN Kudus, observasi dan dokumentasi. 7 mahasiswa yang terdiri dari 1 laki-laki dan 6 perempuan. Adapun penyampaian dakwah dapat berupa video, poster, maupun caption di instagram. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instagram dinilai lebih praktis dan efektif dalam menyampaikan pesan dakwah, mahasiswa KPI IAIN Kudus merasakan kepuasan tersendiri setelah menyampaikan dakwah, sedangkan faktor penghambat yang kurangnya feedback yang didapatkan selama berdakwah melalui instagram. Instagram juga memiliki manfaat meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa ketika menyampaikan dakwah. Perubahan suasana hati, kurangnya feedback dari mad’u serta kurangnya ide menjadi faktor penghambat mahasiswa KPI IAIN Kudus dalam menyebarkan dakwah melalui instagram.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram, Dakwah, Mahasiswa |
Subjects: | Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Dakwah Islam 600 Ilmu Terapan/Teknologi > Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Periklanan Bisnis > Periklanan dan Hubungan Masyarakat > Periklanan |
Divisions: | Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam > Komunikasi dan Penyiaran Islam (KPI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 21 Feb 2023 03:33 |
Last Modified: | 21 Feb 2023 03:33 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8653 |
Actions (login required)
View Item |