Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini (Penelitian Eksperimen Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus)

Nihayah, Alfi Inayatin (2022) Pengaruh Media Pembelajaran Pohon Alphabet Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini (Penelitian Eksperimen Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (205kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (162kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (460kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (725kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (640kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (534kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (214kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (292kB)

Abstract

pembelajaran pohon alphabet terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini (2) kemampuan membaca permulaan anak usia dini Di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus (3) pengaruh media pembelajaran pohon alphabet terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan menggunakan jenis pendekatan eksperimen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah nonprobability sampling dengan metode purposive sampling dan bantuan program SPSS`23. Adapun subjek penelitian ini dibagi menjadi dua yaitu kelas kontrol yang berjumlah 25 anak dan kelas eksperimen berjumlah 25 anak. Data kelayakan media pembelajaran diperoleh melalui penilaian oleh ahli media dan praktisi yang didukung dengan menggunakan angket penilaian kelayakan dan analisis deskriptif. Dengan itu, data kemampuan membaca permulaan AUD diperoleh melalui hasil pretest-posttest yang terdiri dari 14 butir pernyataan. Hasil penelitian meunjukkan bahwa media pembelajaran pohon alphabet layak digunakan dalam pembelajaran anak usia dini dengan nilai pretest 0,533 dan posttest 0,954 yaitu terdapat pengaruh yang signifikan. Dan dari hasil t-test atau uji pengaruh scara individual diperoleh nilai t hitung kurang dari t table (1,082<2,010), yang artinya (Ho) ditolak dan (Ha) diterima. Secara bersama-sama variable media pembelajaran pohon alphabet berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan anak usia dini Di RA Muslimat NU Manafiul Ulum Getassrabi Gebog Kudus

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, pohon alphabet, kemampuan membaca permulaan.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 22 Feb 2023 01:41
Last Modified: 22 Feb 2023 01:41
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8670

Actions (login required)

View Item View Item