Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mapel IPA untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI Nurul Islam Tlogowungu Pati

Zulfa, Naila (2022) Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Pada Mapel IPA untuk Meningkatkan Karakter Tanggung Jawab Siswa Kelas V MI Nurul Islam Tlogowungu Pati. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (957kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (239kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (184kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (443kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (495kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (331kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (387kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (286kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya karakter tanggung jawab siswa. Tanggung jawab merupakan karakter yang tidak dapat dihindari dalam manusia dan nilai moral yang penting bagi manusia.Tanggung jawab menjadi kodrat manusia yang sudah menjadi bagian hidup manusia. Pendidikan karakter sudah waktunya lebih ditingkatkan khususnya karakter tanggung jawab. Sehingga dalam permasalahan yang ada peneliti fokus melakukan penelitian dalam meningkatkan karakter tanggung jawab menggunakan model pembelajaran think pair share pada pembelajaran IPA. Penelitian dilakukan untuk (1) Mengetahui penerapan model pembelajaran think pair share pada mapel IPA kelas V MI Nurul Islam Tlogowungu Pati. (2) Mengetahui peningkatkan karakter tanggung jawab pada model pembelajaran think pair share siswa kelas V MI Nurul Islam Tlogowungu Pati. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu. Selanjutnya penelii menggunakan teknik analisis data berupa reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran think pair share pada proses pembelajaran IPA di MI Nurul Islam Tlogowungu Pati dilakukan melalui lima tahapan Pertama, , tahap pair : Guru membentuk kelompok menjadi 4 bagian yang masing-masing kelompok beranggota 3-4 orang siswa dan memerintahkan siswa untuk duduk sesuai kelompok serta memberikan lilin serta korek api setiap kelompoknya untuk mengamati apa yang terjadi pada lilin. Keempat, tahap share : Guru memilih satu kelompok untuk maju didepan kelas dan menunjuk salah satu anggota kelompok untuk mewakili teman kelompok mempresentasikan hasil kerja diskusinya. Kelima, (2) Model pembelajaran think pair share merupakan pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain.. meningkatkan karakter tanggung jawab siswa karena telah memenuhi indikator yang dijadikan sebagai standar karakter tanggung jawab seperti : Siswa berpendapat ketika berdiskusi, Mendengarkan diskusi dengan baik, Menyelesaikan semua tugas dan latihan yang menjadi tanggung jawabnya, Siswa berani memecahkan masalah, Siswa lebih semangat dalam mengerjakan tugas dan Rajin selama proses pembelajaran berlangsung. Menyelesaikan tugas sesuai waktu yang telah diterapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Think Pair Share, Karakter Tanggung Jawab
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Feb 2023 02:12
Last Modified: 23 Feb 2023 02:12
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8691

Actions (login required)

View Item View Item