“PELAKSANAAN SUPERVISI PENDEKATAN KOLABORATIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI DI MI MIFTAHUL HUDA JLEPER MIJEN DEMAK”, JURUSAN TARBIYAH/ PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI),

Syarifatu Zulfa Almahiro, Siti (2016) “PELAKSANAAN SUPERVISI PENDEKATAN KOLABORATIF KEPALA MADRASAH DALAM MEMBINA KEMAMPUAN PEDAGOGIK DAN PROFESIONAL GURU PAI DI MI MIFTAHUL HUDA JLEPER MIJEN DEMAK”, JURUSAN TARBIYAH/ PRODI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI),. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
file 1.pdf

Download (222kB)
[img] Text
file 2.pdf

Download (38kB)
[img] Text
file 3.pdf

Download (204kB)
[img] Text
file 4.pdf

Download (2MB)
[img] Text
file 5.pdf

Download (379kB)
[img] Text
file 6.pdf

Download (56kB)
[img] Text
file 7.pdf

Download (124kB)
[img] Text
file 8.pdf

Download (44kB)
[img] Text
file 9.pdf

Download (42kB)
[img] Text
file 10.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Perencanaan supervisi pendekatan kolaboratif dalam membina kemampuan pedagogik dan profesional guru PAI di MI Miftahul Huda Jleper. 2) Teknik Peaksanaan supervisi pendekatan kolaboratif dalam membina kemampuan pedagogik dan profesional guru PAI di MI Miftahul Huda Jleper . 3) Efektifitas supervisi pendekatan kolaboratif dalam membina kemampuan pedagogik dan profesional guru PAI di MI Miftahul Huda Jleper. Supervisi pendekatan kolaboratif kepala madrasah ini bertujuan membentuk guru-guru yang profesional dalam segi akademis maupun administratif, sehingga mendorong kemajuan madrasah untuk menciptakan output peserta didik yang berkualitas. Peneliti menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mendapatkan data langsung dari informannya. Sedangkan pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma naturalistik karena penelitian yang dilakukan dalam konteks natural dan wajar dengan mendeskripsikan apa yang ada di dalam lapangan dan menekankan analisisnya pada proses penyimpulan induktif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber primer dan sekunder. Subyek dalam penelitian ini adalah guru dan kepala madrasah yang berperan membina kemampuan pedagogik dan profesional guru melalui supervisi pendekatan kolaboratif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara terstruktur dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan cara triangulasi, diskusi dengan teman sejawat, ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan dan menjaga otentisitas data. Analisis data yang dilakukan menggunakan cara reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Setelah data-data terkumpul dan selanjutnya dianalisis oleh peneliti, maka ditemukan hasil penelitian bahwa : 1) Perencanaan pelaksanaan kegiatan supervisi pendekatan kolaboratif dilakukan dengan guru mengemukakan masalah kepada kepala madrasah kemudian mengadakan diskusi bersama untuk menemukan alternaltif pemecahan masalah. 2) Teknik pelaksanaan dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu: pertemuan awal, observasi kelas dan pertemuan balikan. 3) Keefektifan dalam membina kemampuan pedagogik dan profesional guru adalah kedisiplinan guru dalam mengajar, kesiapan guru dalam mengajar, penguasaan metode yang tepat dan progam evaluasi .

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: kemampuan pedagogik; kemampuan profesional dan Supervisi Pendekatan kolaboratif
Subjects: Sosial > Pendidikan > Guru
Sosial > Pendidikan > Administrasi Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sekolah Dasar (SD, TK, Play Group)
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 03 Dec 2016 03:23
Last Modified: 03 Dec 2016 03:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/87

Actions (login required)

View Item View Item