Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Sistem Pernapasan Manusia

Husna, Isnaini Alfiyatul (2022) Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Scientific Approach Terintegrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an pada Materi Sistem Pernapasan Manusia. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (779kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (359kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (269kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (416kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (657kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (509kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (652kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (253kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (264kB)

Abstract

Sering ditemui di sekolah bahwa bahan ajar yang dipakai ketika pembelajaran hanya mencakup materi dan soal saja. Padahal pada kurikulum 2013 peserta didik dituntut tidak hanya memenuhi kompetensi pengetahuan saja, tetapi juga memenuhi 4 kompetensi yang ada yaitu kompetensi sikap spiritual, kompetensi sikap sosial, kompetensi pengetahuan dan kompetensi keterampilan. Oleh karena itu perlu adanya bahan ajar yang memenuhi kompetensi tersebut salah satunya dengan modul berbasis scientific approach yang terintegrasi ayat-ayat al-qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui spesifikasi pengembangan modul pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Islam Mafatihul Huda dan 2) Mengetahui kelayakan modul pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem pernapasan manusia di SMP Islam Mafatihul Huda. Penelitian ini merupakan Penelitian dan Pengembangan atau Research and Development (R&D) menggunakan model pengembangan yang mengacu pada model 4-D menurut Thiagarajan dan Semmel. Model pengembangan 4-D terdiri dari empat tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan) dan disseminate (penyebaran). Pada penelitian ini hanya sampai pada tahap develop (pengembangan). Subjek penelitian merupakan 10 peserta didik kelas VIII SMP Islam Mafatihul Huda. Dari penelitian dan pengembangan yang telah dilakukan maka didapatkan hasil bahwa : 1) Modul pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem pernapasan manusia dinyatakan sangat layak digunakan sebagai bahan ajar berdasarkan penialain ahli media dengan presentase sebesar 90% dengan kriteria sangat valid dan ahli materi dengan presentase sebesar 91,25% dengan kriteria sangat valid. 2) Respon peserta didik terhadap penggunaan modul pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem pernapasan manusia didapatkan rata-rata presentase sebesar 85,22% dengan kriteria sangat valid, rata-rata peserta didik tertarik dalam mempelajari modul dan peserta didik dapat lebih memahami materi sistem pernapasan manusia setelah mempelajari modul yang dikembangkan. berdasarkan data tersebut disimpulkan bahwa modul pembelajaran berbasis scientific approach terintegrasi ayat-ayat Al-Qur’an pada materi sistem pernapasan manusia dinyatakan sangat layak digunakan sebagai salah satu bahan ajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Modul Pembelajaran, Scientific Approach, Integrasi Ayat-Ayat Al-Qur’an
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 23 Feb 2023 06:48
Last Modified: 23 Feb 2023 06:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8717

Actions (login required)

View Item View Item