Zahara, Aulya (2022) Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis POE (Predict-Observe-Explain) Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Materi Zat Aditif & Zat Adiktif Siswa Kelas VIII MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (667kB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (334kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (322kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (623kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (854kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (595kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (808kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (373kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (574kB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir kritis siswa dan kenakalan remaja yang mulai muncul ketika siswa sudah mulai mengenal rokok, minuman keras, hingga mencoba obat-obatan terlarang. Siswa belum memahami materi Zat Aditif dan Zat Adiktif pada makanan dan minuman yang dikonsumsi sehari-hari serta kurang melibatkan aktifitas siswa pada pada buku atau LKS yang digunakan di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis Predict-Observe-Explain (POE), menguji kemanfaatan produk, dan mengetahui respons siswa terhadap produk yang telah dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah pengembangan (Research and Development) mengacu pada model ADDIE meliputi tahap Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation. Instrumen yang digunakan adalah lembar validasi, lembar tes soal postest, dan lembar angket respons siswa. Subjek uji coba dilakukan oleh siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Bangsri sebanyak 35 siswa. Hasil analisis menunjukan bahwa (1) LKPD yang dikembangkan memenuhi syarat kelayakan aspek POE 94,29%, kelayakan isi 90%, aspek media 90%, dan aspek bahasa 91,43%. Secara umum LKPD yang dikembangkan memperoleh penilaian sangat baik. (2) Keterampilan berpikir kritis siswa dilihat dari hasil post-test yang diujikan kepada 35 siswa kelas VIII MTs Hasyim Asy’ari Bangsri setelah menggunakan LKPD diperoleh nilai presentase sebesar 69,04% dengan kategori baik. (3) Respons siswa terhadap LKPD memperoleh presentase 86,20% dengan kategori sangat baik. Artinya LKPD yang dikembangkan dapat melatih keterampilan berpikir kritis siswa dan layak digunakan di lapangan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKPD, Predict-Observe-Explain (POE), Berpikir Kritis |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Pendidikan Dasar > Sains dan Kesehatan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 23 Feb 2023 06:57 |
Last Modified: | 23 Feb 2023 06:57 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8720 |
Actions (login required)
View Item |