Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif dalam Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas X pada Program Mentoring Agama Islam di SMK Al-Islam Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020

Qohhar, Muhammad (2022) Implementasi Model Pembelajaran Partisipatif dalam Peningkatan Kemampuan Kognitif Peserta Didik Kelas X pada Program Mentoring Agama Islam di SMK Al-Islam Kudus Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (291kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (192kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (565kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (842kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (309kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (641kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (297kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (463kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi model pembelajaran partisipatif pada program mentoring agama Islam, untuk mengetahui kemampuan kognitif peserta didik pada program mentoring agama Islam, untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat model pembelajaran partisipatif pada program mentoring agama Islam di SMK Al-Islam Kudus. Jenis penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian field riset. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Subyek penelitian yaitu kepala sekolah, guru mentoring, dan peserta didik. Sumber data terdiri dari sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pengujian keabsahan data menggunakan uji kredibilitas. Sedangkan teknik analisis data terdiri dari data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan data verification (menyimpulkan data). Hasil penelitian ini menunjukkan 1) Implementasi model pembelajaran partisipatif pada program mentoring agama Islam dilaksanaakan dalam beberapa tahap yaitu tahap perencanaan (Sebelum pelaksanaan kegiatan mentorig peserta didik terbagi menjadi kelompok kecil dengan masing-masing satu pementor. Peserta didik mempersiapkan materi yang diberikan guru), tahap Pelaksanaan (MC, tilawah Al-Qur’an, kultum, Diskusi, penjelasan materi dari pementor, dan penutup), tahap evaluasi (menghafal, merangkum, buku jurnal amalan ibadah peserta didik). 2) Kemampuan kognitif peserta didik terutama kelas X setelah diterapkan model pembelajaran partisipatif pada program mentoring agama Islam menghasilkan nilai dalam kategori baik, ditunjukkan dengan adanya evaluasi yang dilakukan dua kelompok yang diampu pementor berbeda. Interval nilai 90-100 4 orang, nilai 80-89 11 orang, dan nilai 70-79 hanya 3 peserta didik. 3) Faktor pendukung dari pelaksanaan model pembelajaran partisipatif dalam program mentoring meliputi regulasi dari sekolah, sifat rasa ingin tahu peserta didik, sarana dan prasarana yang memadai. Sedangkan faktor penghambatnya keterbatasan waktu, adanya sebagian peserta didik yang memiliki sifat tidak percaya diri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Partisipatif, Kemampuan Kognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 24 Feb 2023 02:15
Last Modified: 24 Feb 2023 02:15
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8726

Actions (login required)

View Item View Item