Atiyah, Sholihatul (2015) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN MODEL WEBBED (JARING LABA-LABA) DALAM MEMPERMUDAH PEMAHAMAN SISWA DI SDN 01 PELEMKEREP MAYONG JEPARA. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.
Text
1. COVER.pdf Download (3MB) |
|
Text
2. KATA PENGANTAR.pdf Download (2MB) |
|
Text
3. ABSTRAK.pdf Download (2MB) |
|
Text
4. DAFTAR ISI.pdf Download (2MB) |
|
Text
5. BAB I.pdf Download (2MB) |
|
Text
6. BAB II.pdf Download (2MB) |
|
Text
7. BAB III.pdf Download (2MB) |
|
Text
8. BAB IV.pdf Download (2MB) |
|
Text
9. BAB V.pdf Download (2MB) |
|
Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Pembelajaran Model Webbed (Jaring Laba-Laba) Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pelemkerep Mayong Jepara, untuk mengetahui pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan pembelajaran model webbed (jarring laba-laba) dalam mempermudah pemahaman siswa pada mata pelejaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pelemkerep Mayong Jepara. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan untuk interview (wawancara) terhadap instansi terkait dalam proses belajar mengajar, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran model webbed (jaring laba-laba) di SDN 01 Pelemkerep Mayong Jepara dikemas dalam tiga keterpaduan, yaitu: keterpaduan penyelenggaraan, keterpaduan materi pembelajaran dan keterpaduan proses pembelajaran. Adapun pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pelemkerep Mayong Jepara bisa dikatakan sudah baik, hal ini ditandai dengan kemampuan siswa untuk mencerna secara cermat dan tepat, memahami dan melaksanakan materi pelajaran yang telah disampaikan oleh guru. Sedangkan upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan pembelajaran model webbed (jaring laba-laba) dalam mempermudah pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 01 Pelemkerep Mayong Jepara diantaranya: (1) tahap pelaksanaan kegiatan pembelajaran, yang meliputi kegiatan pendahuluan, tahapan kegiatan inti dan tahap kegiatan penutup. (2) Metode pembelajaran, yang meliputi metode membaca dan menulis, metode menghafal, metode cerita, metode demostrasi, metode pembiasaan diri dan metode bercakap-cakap. (3) Penilaian, yaitu menggunakan paper and pencil test, performance test, portofolio, product test dan self assessment.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi pembelajaran model webbed (jarring laba-laba); pemahaman siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 18 Mar 2017 05:52 |
Last Modified: | 18 Mar 2017 05:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/874 |
Actions (login required)
View Item |