An-Nidhof, Ikmilul Maula (2022) Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot Terhadap Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar Matematika Kelas X. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
01. COVER.pdf Download (4MB) |
|
Text
02. ABSTRAK.pdf Download (382kB) |
|
Text
03. DAFTAR ISI.pdf Download (313kB) |
|
Text
04. BAB I.pdf Download (641kB) |
|
Text
05. BAB II.pdf Download (710kB) |
|
Text
06. BAB III.pdf Download (928kB) |
|
Text
07. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
08. BAB V.pdf Download (679kB) |
|
Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (396kB) |
Abstract
Dimasa pandemi Coronavirus Disease (COVID-19) saat ini semakin mempersempit ruang bagi pendidik untuk memberikan evaluasi secara maksimal melalui pembelajaran langsung di dalam kelas. Pendidik harus membuat atau mengembangkan suatu alat evalusi dengan memanfaatkan pesatnya perkembengan teknologi untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif, efektif dan efiesien. Salah satu aplikasi atau alat evaluasi yang dapat digunakan yang dapat membantu dan menuju realitas pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar dan prestasi belajar di era saat ini salah satunya adalah aplikasi Kahoot. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagimana kelayakan alat evaluasi menggunakan aplikasi Kahoot, bagaimana respon siswa terhadap alat evaluasi yang akan dikembangkan dan hubungan penggunaan aplikasi kahoot terhadap motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Research and Development dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian menggunakan insturmen tes, Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes dan angket. Sedangkan teknis analisis data yang digunakan berupa lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, angket respon penilaian siswa, angket motivasi belajar dan analisis butir soal. Hasil validasi dari ahli materi mendapatkan persentase akhir sebesar Ahli Materi didapatkan rerata skor 0,900, kriteria “Tinggi”. Hasil validasi dari ahli media didapatkan rerata skor 0,7833% dengan kategori “sedang”. Validitas dari hasil uji coba pada kelas skala kecil diperolah 5 soal tidak valid dan 15 soal valid, reliabilitas yang diperoleh besar 0,8523. Pada penilaian respon peserta didik memperoleh persentase akhir sebesar 87% dengan kriteria “sangat menarik.” Disimpulkan bahwa alat evaluasi berbentuk tes online yang dikembangkan sangat layak sebagai alat evaluasi yang baik digunakan dalam pembelajaran matematika. Kemudian hubungan antara motivasi belajar dan prestasi belajar siswa menunjukkan bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa sampai 41% atau 41% variabel prestasi belajar ditentukan oleh motivasi belajar dan 59% oleh faktor Iain seperti: Faktor keluarga, faktor psikologis, faktor ekonomi, dll. sehingga tingginya prestasi belajar tidak dapat diprediksi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Alat Evaluasi, Kahoot, Motivasi Belajar dan Prestasi Belajar |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 28 Feb 2023 04:10 |
Last Modified: | 28 Feb 2023 04:10 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8775 |
Actions (login required)
View Item |