Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Bilal: A New Beed Of Hero Karya Ayman Jamal Terhadap Akhlak Generasi Milenial

Sa’adah, Nofita (2022) Relevansi Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Animasi Bilal: A New Beed Of Hero Karya Ayman Jamal Terhadap Akhlak Generasi Milenial. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (260kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (170kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (174kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (223kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (335kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam film animasi Bilal: A New Beed Of Hero serta relevansinya terhadap akhlak generasi milenial. Film merupakan sebuah tayangan hiburan, tetapi juga memiliki pesan-pesan pendidikan di dalamnya, khususnya pesan pendidikan akhlak yang terdapat di dalam film. Sehingga penonton atau masyarakat umum dapat mengambil makna dan hikmah yang disampaikan para tokoh. Kekreatifitas era milenial menjadikan film syarat akan makna dan pendidikan di dalamnya sebagai hasil dari perkembangan teknologi, yang erat dengan kehidupan anak generasi milenial. Penulis menggunakan jenis penelitian library research (studi kepustakaan) dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film animasi Bilal: A New Beed Of Hero. Sumber penelitian ini adalah sumber primer dan sumber sekunder. Adapun penelitian ini menggunakan tenik pengumpulan data dokumentasi dan observasi non partisipan serta data dianalisis dengan menggunakan tenik analisis isi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1. Di dalam film animasi Bilal: A New Beed Of Hero ditemukan tiga belas nilai pendidikan akhlak, yaitu ketauhidan, bersyukur, sabar, kejujuran, kerja keras, pemberani, rasa ingin tahu, pantang menyerah, cinta damai, peduli sosial, toleransi, bersahabat, dan akhlak kepada hewan. Ketiga belas nilai terangkum dalam ruang lingkup pendidikan akhlak meliputi: akhlak kepada Allah Swt, akhlak kepada sesama manusia (terdiri dari akhlak kepada masyarakat dan akhlak kepada diri sendiri), dan akhlak kepada lingkungan. Akhlak kepada Allah Swt, yaitu ketauhidan, bersyukur, dan sabar. Akhlak kepada diri sendiri, yaitu kejujuran, kerja keras, pemberani, rasa ingin tahu, dan pantang menyerah. Akhlak kepada masyarakat, yaitu cinta damai, peduli sosial, toleransi, dan bersahabat. Akhlak kepada lingkungan, yaitu berbuat baik kepada hewan peliharaan. Nilai pendidikan akhlak yang ada di dalam film paling banyak ditunjukkan adalah nilai akhlak kepada sesama manusia. 2. Ditemukan nilai pendidikan di dalam film memiliki relevansi dengan karakter generasi milenial, yaitu Pertama, karakter community relevan dengan nilai sabar, kejujuran, peduli sosial, toleransi, dan berbuat baik terhadap hewan. Kedua, karakter chasing inspiration relevan dengan nilai kerja keras dan pantang menyerah. Ketiga, karakter confidence relevan dengan akhlak pemberani. Keempat, karakter change over generation sesuai dengan nilai rasa ingin tahu. Kelima, karakter customization relevan dengan akhlak cinta damai. Keenam, karakter collective dan connected sesuai dengan nilai bersahabat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Film Animasi Bilal: A New Breed Of Hero, Generasi Milenial
Subjects: Akhlak dan Tasawuf > Akhlak
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Feb 2023 05:02
Last Modified: 28 Feb 2023 05:02
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8779

Actions (login required)

View Item View Item