Efektivitas Penggunaan Metode Scramble Wacana Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus

Lutfiana, Lutfiana (2022) Efektivitas Penggunaan Metode Scramble Wacana Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Terhadap Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa Di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (275kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (188kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (534kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (795kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (321kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (458kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (291kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (500kB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi karena belum pernah diterapkannya metode Scramble Wacana pada keterampilan membaca pemahaman siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Peneitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahan siswa dengan menggunakan metode Scramble Wacana Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas V MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dan jenis pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest design. Jenis penelitian yang digunakan peneliti adalah eksperimen. Menurut Sugiyono menyatakan bahwa penelitian eksperimen merupakan penelitian yang digunakan untuk mencari pengaruh treatment (perlakuan) tertentu. populasi adalah kelompok yang menjadi perhatian atau objek utama peneliti untuk dipelajari kemudian ditarik kesimpulannya. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus yang berjumlah 263 siswa. Pengambilan sampel data diambil 10-15 % dari populasi. Peneliti mengambil sampel sebanyak = 11% dari 263 populasi, yaitu = 29 sampel. Adapun teknik pengambilan sampel, dengan menggunakan teknik purposive sample. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan 2 cara yaitu : 1. Uji Asumsi Klasik berupa : Uji Normalitas dan Uji Homogenitas, 2. Uji Hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor rata-rata hasil belajar sebelum siswa kelas V sebelum penerapan metode pembelajaran scramble wacana sebesar 77,5862 sebanyak 18 siswa dengan prosentase 62%. Sedangkan skor rata-rata hasil belajar sesudah siswa kelas V sebelum penerapan metode pembelajaran scramble wacana sebesar 86,6207 26 siswa dengan prosentase 89,65%. Terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan membaca pemahaman siswa sebelum menggunakan metode scramble wacana dan sesudah menggunakan metode scramble wacana pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di MI NU Tarbiyatul Banat Jetak Kaliwungu Kudus. Hal ini dibuktikan dengan : nilai t hitung sebesar 4,978 > nilai t tabel yaitu 2,045 dan nilai Sig. (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Membaca Pemahaman, Membaca Pemahaman, Metode Scramble Wacana
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:34
Last Modified: 28 Feb 2023 06:34
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8784

Actions (login required)

View Item View Item