Pengaruh Penggunaan Herbarium sebagai Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Siswa Kelas X SMA N 1 Kudus

Sofiyah, Siti Nur (2022) Pengaruh Penggunaan Herbarium sebagai Media Pembelajaran terhadap Pemahaman Konsep pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Siswa Kelas X SMA N 1 Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (941kB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (184kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (187kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (426kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (628kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (617kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (558kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media herbarium terhadap pemahaman konsep siswa kelas X SMA N 1 Kudus pada materi klasifikasi tumbuhan. Penelitian ini merupakan penelitian quasi experiment dengan menggunakan desain nonequivalent control group design. Penelitian dilakukan di kelas X SMA N 1 Kudus tahun ajaran 2021/2022. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling sehingga penelitian dilakukan di dua kelas, yaitu kelas X MIPA 1 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 5 dengan jumlah siswa sebanyak 34 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan instrument tes dan lembar observasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan statistik deskriptif dan inferensial. Hasil uji statistik deskriptif menunjukkan rata-rata nilai postest siswa yang diajar dengan menggunakan media herbarium adalah 61,41 sedangkan rata-rata nilai postest siswa yang diajar tanpa menggunakan media herbarium adalah 59,85. Hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik independent sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,728 (>0,05) dan nilai thitung 0,349 < ttabel 2,000. Sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan penggunaan media herbarium terhadap pemahaman konsep siswa pada materi klasifikasi tumbuhan. Hal ini dikarenakan waktu yang kurang efektif sehingga diskusi tidak dapat dilakukan secara mendalam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Herbarium, Pemahaman Konsep, Klasifikasi Tumbuhan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 28 Feb 2023 06:44
Last Modified: 28 Feb 2023 06:44
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8786

Actions (login required)

View Item View Item