Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif

Juwariyah, Siti (2022) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Lingkaran Berdasarkan Prosedur Newman Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (142kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (182kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (323kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (779kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (447kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (163kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (355kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui letak kesalahan siswa serta penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi lingkaran berdasarkan prosedur Newman yang ditinjau berdasarkan gaya kognitif yang dimiliki siswa kelas VIII di MTS Mambaul Falah Kudus. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data dilakukan menggunakan metode tes tertulis, wawancara dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan mengunakan teknik reduksi data, pemaparan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan sebaran kesalahan pada gaya kognitif field dependent adalah kesalahan membaca 2.69%, kesalahan memahami soal 19.89%, kesalahan mentransformasikan soal 36.02%, kesalahan keterampilan proses 22.58% dan kesalahan menuliskan jawaban akhir 18.82%. Sebaran kesalahan pada gaya kognitif field independent adalah kesalahan membaca 10.87%, kesalahan memahami soal 15.22%, kesalahan mentransformasikan soal 34.78%, kesalahan keterampilan proses 21.74%, kesalahan menuliskan jawaban akhir 17.39%. Faktor penyebab siswa melekukan kesalahan berasal dari internal dan eksternal. Faktor internal dikarenakan siswa kurang teliti, kurang memahami materi, kurang berkonsentrasi, siswa tidak terbiasa menuliskan jawaban secara sistematis, siswa tergesa gesa dalam mengerjakan. Sementara faktor eksternal adalah kurang kondusifnya suasana pembelajaran serta kurang jelasnya guru dalam menyampaikan materi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kesalahan. Soal Cerita. Materi Lingkaran. Prosedur Newman. Gaya Kognitif
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 01 Mar 2023 03:11
Last Modified: 01 Mar 2023 03:11
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8825

Actions (login required)

View Item View Item