PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MELALUI KITAB MUNTAKHOBAT FIL MAHFUDZOT DI SDIT AL-KAUTSAR JEPANG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016

HERMAN AFRONI, DODIK (2016) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL MELALUI KITAB MUNTAKHOBAT FIL MAHFUDZOT DI SDIT AL-KAUTSAR JEPANG MEJOBO KUDUS TAHUN PELAJARAN 2015 / 2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (761kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (270kB)
[img] Text
3. Abstrak.pdf

Download (189kB)
[img] Text
4. Daftar Isi.pdf

Download (190kB)
[img] Text
5. Bab 1.pdf

Download (244kB)
[img] Text
6. Bab 2.pdf

Download (410kB)
[img] Text
7. Bab 3.pdf

Download (227kB)
[img] Text
8. Bab 4.pdf

Download (398kB)
[img] Text
9. Bab 5.pdf

Download (195kB)
[img] Text
10. Daftar Pustaka.pdf

Download (187kB)

Abstract

Pendidikan karakter merupakan suatu sistem penanaman nilai-nilai karakter kepada peserta didik yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa, diri sendiri, sesama, lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Dalam penelitian ini yang menjadi pokok permasalahan yakni: 1) Penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal melalui kitab Muntakhobat Fil Mahfudzot di SDIT Al-Kautsar Jepang Mejobo Kudus.; 2) Faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pembelajaran di SDIT Al-Kautsar Jepang Mejobo Kudus.; 3) Solusi mengatasi hambatan dan cara meningkatkan kualitas penananman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal melalui kitab Muntakhobat Fil Mahfudzot di SDIT Al- Kautsar Jepang Mejobo Kudus. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yang digunakan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap instansi terkait yaitu SDIT Al-Kautsar Jepang Mejobo Kudus. Setelah peneliti memasuki objek penelitian yakni SDIT Al-Kautsar Jepang Mejobo Kudus, sumber data diperoleh dari kepala sekolah, guru, dan peserta didik. Aktivitas yang dilakukan yakni terkait dengan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal melalui kitab Muntakhobat Fil Mahfudzot di kelas IV dan V. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) Berdasarkan penanaman nilai-nilai pendidikan karakter dalam pembelajaran muatan lokal melalui kitab Muntakhobat yaitu peserta didik sangat berantusias dalam pembelajaran Muntakhobat, peserta didik mudah memahami/ mengaplikasikan isi kandungan kitab Muntahobat Fil Mahfudzot ketika berada disekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari.; 2) Berdasarkan faktor yang pendukung yaitu profesionalisme guru, tingkat intelegensi peserta didik yang baik dan fasilitas pembelajaran yang mendukung, sedangkan faktor yang menghambatnya yaitu adanya kurang perhatian dari pihak keluarga siswa yang berdampak pada siswanya sendiri, tetapi semua hal itu dapat diatasi pendidik dengan meningkatkan kemampuan belajar siswa. Pendidik dapat memaksimalkan potensi peserta didik yang selalu ikut aktif dalam pembelajaran.; 3) Berdasarkan solusi mengatasi hambatan dan cara meningkatkan kualitas penanaman nilai-nilai pendidikan karakter melalui kitab Muntakhobat yaitu dengan pengelolaan sistem pembelajaran yang baik dari semua pihak yang bersangkutan dengan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: karakter; pembelajaran; muatan lokal; kitab Muntakhobat Fil Mahfudzot
Subjects: Agama
Sosial > Pendidikan
Divisions: Jurusan Tarbiyah > Prodi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:39
Last Modified: 25 Mar 2017 02:39
URI: http://eprints.stainkudus.ac.id/id/eprint/883

Actions (login required)

View Item View Item