PENERAPAN METODE STOP THINK DO DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS RAUDLATUL MUTA’ALIMIN JATIREJO KARANGANYAR DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016

Izatul Khoiriyah, Ike (2016) PENERAPAN METODE STOP THINK DO DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTS RAUDLATUL MUTA’ALIMIN JATIREJO KARANGANYAR DEMAK TAHUN AJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (499kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (375kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (355kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (546kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (669kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (371kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (601kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
10.DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah 1) menerapkan metode stop think do pada pelajaran akidah akhlak di MTs Raudlatul Muta’allimin jatirejo Karanganyar Demak 2) efektifitas metode Stop Think Do dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada pelajaran akidah akhlak di MTs Raudlatul Muta’allimin 3) kendala yang dihadapi guru dalam menerapan metode Stop Think Do pada pelajaran Akidah Akhlak di MTs Raudlatul Muta’allimin. Adapun jenis penelitian ini termasuk field reseach dan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode wawancara, dan metode dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan verification. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penerapan metode Stop Think Do melalui tiga tahapan 1) Stop, pada tahap ini ada tiga tahapan a) identifikasi masalah b) identifikasi perasaan c) identifikasi tujuan. 2) Think , ada dua tahapan a) mempertimbangkan solusi b) mengevaluasi konsekuensi terhadap solusi yang dipilih. 3) Do, tahap ini ada dua tahapan a) menentukan rencana kerja b) pelaksanaan dan tindak lanjut. Efektifitas metode Stop Think Do dalam meningkatkan konsentrasi belajar siswa, dapat menggunakan metode Stop Think Do untuk membantu guru melakukan pembelajaran dengan mudah dan menjadi efektif, Konsentrasi yang dibentuk dari dalam diri peserta didik tanpa adanya masalah yang mereka hadapi akan membuat mereka semakin mampu menerima pelajaran dengan baik, karena mereka tidak terbebani dengan masalahnya. Kendala Penerapan Metode Stop Think Do yang dihadapi guru ada dua faktor penghambat dan faktor pendukung. Faktor penghambat a) Ketidakmauan peserta didik bercerita b) Tidak ada dukungan orang tua c) Tidak adanya keterbukaan dari orang-orang terdekat peserta didik. Faktor pendukung a) Keterbukaan peserta didik untuk bercerita b) Keterbukaan orang-orang terdekat c) Kesiapan orang terdekat untuk mau membantu.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Penerapan metode Stop Think Do; Metode Stop Think Do mampu membantu konsentrasi
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Akhlak dan Tasawuf
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Sosial > Pendidikan > Siswa, Peserta Didik
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 02:51
Last Modified: 25 Mar 2017 02:51
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/886

Actions (login required)

View Item View Item