Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Peserta Didik Di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2021/2022

Maghfiroh, Laily (2022) Penerapan Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Reinforcement Positif Dalam Mengurangi Perilaku Terlambat Datang Ke Sekolah Peserta Didik Di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (990kB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (306kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (418kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (654kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (337kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (709kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (265kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak tahun ajaran 2021/2022. Penelitiannya adalah 1) Bagaimana faktor penyebab terjadinya perilaku terlambat datang ke sekolah peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. 2) Bagaimana penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field reseach), dengan pendekatan kualitatif studi kasus. Subyek penelitian ini adalah peserta didik, guru BK dan Kepala Sekolah. Data dikumpulkan melalui hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi. Pengambilan sampling informan dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah informan delapan orang yang terdiri dari enam peserta didik. guru BK dan kepala sekolah. Adapun teknik analisis data melalui tiga tahap yaitu: data reduction (reduksi data), data display (penyajian data), dan Verification (Kesimpulan). Hasil dari penelitian ini ialah, penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif sudah dilaksanakan oleh guru BK dengan cukup baik, Adapun faktor penyebab terjadinya perilaku terlambat datang ke sekolah peserta didik di MA NU Mazro’atul Huda Karanganyar Demak ialah Faktor dalam, faktor sosial, faktor individu, dan faktor lembaga. Adapun penerapan layanan konseling kelompok dengan teknik reinforcement positif dalam mengurangi perilaku terlambat datang ke sekolah telah dilakukan dengan prosedur yang sesuia yaitu, perencanaan, pelaksanaan dan tindak lanjut dengan 3 kali pertemuan konseling kelompok. Keberhasilannya ditandai dengan perilaku terlambat datang ke sekolah peserta didik menjadi berkurang. Adapun faktor pendukung dan penghambat faktor pendukungnya yaitu guru bk yang kompeten, peserta didik yang ikut serta dalam layanan tersebut, dukungan dari kepala madrasah serta dukungan dari pihak lainnya, sedangkan faktor penghambatnya ialah diawal pemberian layanan peserta didik masih malu-malu peserta didik belum antusias, penyesuaian waktu dan fasilitas yang tersedia kurang memadahi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: layanan konseling kelompok, reinforcement positif dan perilaku terlambat datang ke sekolah.
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Bimbingan dan Penyuluhan Siswa, Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam (BKPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:22
Last Modified: 06 Mar 2023 01:22
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8877

Actions (login required)

View Item View Item