Analisis Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Adabul Alim Wal muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari

Amin, Riza Faliqul (2022) Analisis Pendidikan Akhlak Menurut Kitab Adabul Alim Wal muta’alim Karya KH. Hasyim Asy’ari. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (5MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (436kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (338kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (466kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (512kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (852kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (376kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang Pendidikan Akhlak yang terdapat dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim. Kajian ini dilatarbelakangi oleh kitab Adabul Alim wal Muta’alim yang merupakan sebuah kitab karya KH. Hasyim Asy’ari yaitu kitab yang sangat penting untuk di kaji dan di jadikan sebagai rujukan dalam Pendidikan Akhlak. Pendidikan Akhlak dapat dimaknai sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang bertujuan mengembangkan kemampuan seseorang untuk memberikan keputusan baik atau buruk, memelihara kebaikan, mewujudkan dan menebar kebaikan dalam kehidupan sehari-hari dengan sepenuh hati. Dalam hal ini penulis membahas tentang pemikiran KH Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan akhlak dalam kitab adabul alim wal muta’alim dan relevansinya dalam kehidupan sehari – hari Penelitian ini merupakan studi kajian pustaka (library research). Penelitian ini berdasarkan data dan informasi dengan bantuan bermacam-macam materi yang terdapat dalam buku, jurnal, artikel, internet dan catatan penting lainnya yang berkaitan dengan permasalahan yang di teliti. Teknik pengumpulan data ada dua kategori, yang pertama yaitu pengambilan data primer, yaitu data yang di kumpulkan peneliti dari sumber pertama. Yang kedua pengambilan data sekunder, data yang tersusun dalam bentuk dokumen kemudian dianalisis menggunakan metode content analysis. Yaitu metode penelitian yang bersifat pembahasan mendalam terhadap suatu iai informasi tertulis atau tercetak dalam media masa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemikiran KH. Hasyim Asy’ari tentang Pendidikan Akhlak dalam kitab Adabul Alim wal Muta’alim adalah Pertama, pemikiran KH. Hasyim Asy’ari didasarkan pada nash-nash Al-Qur’an dan Al-Hadist mengenai keutamaan orang yang berilmu, Allah SWT mengangkat derajat orang yang berilmu. Kedua, murid dan guru harus memiliki niat yang lurus dalam kegiatan belajar mengajar yaitu semata-mata untuk mendapatkan ridho dari Allah SWT. Ketiga, murid dan guru harus memiliki pribadi yang berahklak mulia. Dalam hal ini Pendidikan akhlak yang tergantung dalam kitab adabul alim wal muta’alim yaitu 1) Akhlak Murid terhadap diri sendiri, 2) Akhlak murid terhadap pelajarannya, 3) Akhlak murid terhadap Gurunya, 4) Akhlak Guru terhadap dirinya sendiri, 5) Akhlak Guru terhadap pelajarannya 6) Akhlak Guru terhadap Murid. Relevansinya dalam kehidupan sehari-hari yaitu sangat relevan dengan pendidikan akhlak dalam pendidikan nasional, tujuan pendidikan akhlak menurut KH.Hasyim Asy’ari selaras dengan tujuan pendidikan nasional, dan berkontribusi dalam pendidikan di tanah air utamanya dalam pendidikan akhlak yang saat ini sedang diprogramkan oleh pemerintah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Akhlak, Adabul Alim Wal Muta’alim , KH. Hasyim Asy’ari.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 01:29
Last Modified: 06 Mar 2023 01:29
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8879

Actions (login required)

View Item View Item