Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Implementasi Model Pembelajaran “Behavior Contract Instruction” Dalam Membangun Motivasi Siswa Kelas V MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Di Era Pandemi

Amalia, Tutik (2022) Progam Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Implementasi Model Pembelajaran “Behavior Contract Instruction” Dalam Membangun Motivasi Siswa Kelas V MI NU Ma’rifatul Ulum 01 Di Era Pandemi. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (469kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (401kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (577kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (483kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (416kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (666kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (472kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (399kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi proses pembelajaran pada saat terjadi wabah covid-19, di era pandemi ini pembelajaran jarak jauh menjadi solusi untuk mengatasi kesulitan belajar tatap muka. Namun hal ini menjadi tantangan bagi semua kalangan dijenjang pendidikan untuk mempertahankan kelas tetap aktif. Proses belajar mengajar ini sudah berjalan beberapa dekade, namun perubahan yang diinginkan beluwm tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi model pembelajaran “behavior contract instruction” dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V MI NU Ma’rifatul Ulum 01 di era pandemi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian field research dengan pendekatan kualitatif yang dilaksanakan di MI NU Ma’rifatul Ulum 01. Subjek penelitianya yaitu kepala sekolah, Wali kelas, dan beberapa peserta didik MI NU Ma’rifatul Ulum 01. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data penulis menggunakan teknik triangulasi sumber, triangulasi teknik dan triangulasi waktu. Adapun analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yaitu menggunakan tiga langkah di antaranya reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tahap-tahap pelaksanaan behavior contract instruction yaitu analisis ABC (antecedent, behavior, consequence), menentukan data awal (sikap yang ingin dirubah), menentukan jenis penguatan, memberikan reincoforcement (2) faktor pendukung diantaranya guru menyampaiakan materi dengan media yang interaktif, siswa tertarik dengan reward yang diberikan sehingga lebih antusias dalam belajar, kebijakan kepala sekolah yang selalu memberikan inovasi pembelajaran sehingga guru mempunyai kecakapan dalam melaksanakan pembelajaran, sarana dan prasarana yang meliputi media dan alat pembelajaran yang memadai. Adapun faktor penghambat adalah guru kesulitan dalam menghadapi perbedaan karateristik siswa, tidak semua pelajaran disukai siswa, kurangnya motivasi siswa dalam belajar serta lingkungan keluarga yang kurang mendukung. (3) dampak model pembelajaran “behavior contract instruction” adalah pembelajaran dapat berjalan lebih kondusif dan interaktif selain itu model pembelajaran “behavior contract instruction” dapat membangun motivasi siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Behavior Contract Instruction, Motivasi Belajar dan Siswa Kelas V
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 02:48
Last Modified: 06 Mar 2023 02:48
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8893

Actions (login required)

View Item View Item