Tullatifah, Imroa (2022) Etika Peserta Didik (Studi Analisis Pemikiran Imam Ghozali Dalam Kitab Bidayatul Hidayah Dan KH. Hasyim Asy’ari Dalam Kitab Adabul Alim Wal Muta’allim. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (481kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (348kB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (1MB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (669kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (430kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (865kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (428kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (415kB) |
Abstract
Penelitian ini merupakan studi analisis pemikiran tokoh pendidikan tentang etika peserta didik. Penelitian ini diangkat dari masalah yang terjadi di dunia pendidikan, karena saat ini banyak peserta didik yang kurang paham akan etika yang harus dimiliki. Oleh sebab itu, penelitian ini betujuan untuk mengetahui dan menganalisis etika peserta didik dalam kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Ghozali dan kitab Adabul Alim Walmuta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari serta untuk mengetahui persamaan dan perbedaan penerapan etika peserta didik menurut pemikiran Imam Ghozali dan KH. Hasyim Asy’ari dalam pendidikan sekarang. Penelitian ini adalah studi pustaka atau Library Reasearch, yaitu sebuah penelitian yang sumber datanya di kumpulkan dari bahan-bahan pustaka, bisa berupa buku, surat kabar, maupun dokumen lain yang berkaitan dengan objek atau sasaran penelitian. Tekhnik yang digunakan dalam mengumpulkan data yaitu dokumentasi, dan analisis data berupa analisis isi (content analysis) dan analisis komparatif dengan menggunakan pendekatan hermeneutika. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah kitab Bidayatul Hidayah karya Imam Ghozali dan Adabul Alim Wal muta’allim karya KH. Hasyim Asy’ari dan beberapa data sekunder yang relevan berupa kitab-kitab dan buku-buku lain yang membahas mengenai etika peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dalam kitab Bidayatul Hidayah, Imam Ghozali hanya menerangkan tentang etika peserta didik terhadap pendidik dalam proses pembelajaran, sedangkan dalam kitab Adabul Alim Wal Muta’allim, KH. Hasyim Asy’ari menyebutkan bahwa etika peserta didik itu dibagi menjadi empat yaitu: etika peserta didik terhadap dirinya sendiri, etika peserta didik terhadap pendidik, etika peserta didik terhadap pelajaran, hubungannya dengan pendidik dan teman-teman-temannya dan etika peserta didik terhadap kitab sebagai alat dan yang berhubungan dengan cara memperoleh, menaruh dan menulis. Persamaan pemikiran Imam Ghozali dan KH. Hasyim Asy’ari mengenai etika peserta didik yaitu sebagai berikut: Pertama, peserta didik hendaknya mengucapkan salam ketika bertemu dengan pendidik. Kedua, peserta didik tidak boleh mengatakan bahwa yang disampaikan oleh pendidik tidak sesuai dengan tokoh lain. Ketiga, peserta didik tidak boleh berbicara dengan teman yang ada disebelahnya ketika pendidik menyampaikan materi. Keempat, peserta didik tidak boleh menengok ke kanan dan ke kiri ketika sedang berada di majelis pendidik atau ketika berada di hadapan pendidik. Adapun perbedaannya yaitu terletak pada sidat yang harus dimiliki peserta didik ketika pendidik salah dalam menjelaskan suatu penjelasan atau menjawab pertanyaan dan sikap yang harus dimiliki peserta didik ketika melihat pendidik melakukan perilaku tidak baik.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Etika, Peserta Didik, Imam Ghozali, KH. Hasyim Asy’ari |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Siswa, Peserta Didik |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 02:52 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 02:52 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8894 |
Actions (login required)
View Item |