Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara

Khoirudin, Achmad (2022) Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Melalui Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (266kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (278kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (489kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (717kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (393kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (570kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (288kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (351kB)

Abstract

Kehidupan yang penuh dengan persaingan dan konflik antar manusia lebih dipicu oleh karakter dan sikap kepemilikan material yang berlebihan. Karakter yang merupakan perbuatan yang mengandung nilai, moral atau etika dalam kehidupan perlu digalakkan. Oleh karenanya karakter harus dibentuk sejak dini melalui proses pendidikan. Salah satu pembentukan karakter adalah melalui pembelajaran akidah akhlak di MA Sabilul Ulum. Berkaitan dengan hal tersebut, penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui implementasi pendidikan karakter siswa kelas XI di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara; (2) Mengetahui pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak dalam membentuk karakter siswa kelas XI di MA Sabilul Ulum; (3) Mengetahui mengetahui faktor yang mempengaruhi pendidikan karakter melalui pembelajaran akidah akhlak siswa kelas XI di MA Sabilul Ulum Mayong Jepara. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian berada di MA Sabilul Ulum dengan sumber data primer meliputi kepala madrasah, waki kepala bagian kesiswaan, guru akidah akhlak kelas X, XI, XII, dan siswa kelas XI, serta menggunakan sumber data sekunder yang berwujud buku, jurnal, dan dokumen terkait. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan menggunakan pedoman penelitian. Adapun pengujian keabsahan datanya menggunakan uji kredibilitas dengan mengacu pada perpanjangan pengamatan, peningkatan ketekunan pengamatan, dan triangulasi. Sedangkan analisis data menggunakan model miles and huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) Implementasi pendidikan karakter siswa kelas XI MA Sabilul Ulum dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu (a) model pembiasaan (b) model keteladan, (c) model partisipatif dan, (d) model penegakan kedisiplinan; (2) Pelaksanaan pembelajaran akidah akhlak di kelas XI MA Sabilul Ulum diawali dengan guru menyusun RPP yang memuat konsep nilai pendidikan karakter. Yakni di mulai dari tahapan (a) Perencanaan pembelajaran (b) pelaksanaan, dan (c) evaluasi atas tingkat keberhasilan proses pembelajaran; (3) Faktor pendukung dalam pembentukan karakter siswa melalui pembelajaran akidah akhlak, meliputi kemauan dan kesadaran diri, dorongan keluarga, wali kelas, teman, dan lingkungan. Adapun faktor penghambatnya, meliputi kesadaran yang lemah, latar belakang pendidikan jenjang sebelumnya, kurangnya perhatian keluarga, pengaruh teman sebaya, sarana prasarana.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembentukan Karakter, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Akidah Akhlak.
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:50
Last Modified: 06 Mar 2023 06:50
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8903

Actions (login required)

View Item View Item