Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dengan Metode Insersi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kurikulum dan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus)

Hasan, Maulana Achmad (2022) Implementasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama dengan Metode Insersi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Kurikulum dan Buku Ajar Pendidikan Agama Islam di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus). Masters thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (515kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (351kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (445kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (751kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (404kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (693kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (373kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (433kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) implementasi nilai-nilai moderasi beragama dengan metode insersi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (2) faktor pendukung dan penghambat implementasi nilai-nilai moderasi beragama dengan metode insersi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. (3) persepsi dan perilaku civitas sekolah mengenai moderasi beragama. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, menggunakan penelitian lapangan (field research). Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Adapun sumber primer didapat dari observasi non partisipan di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus dan wawancara terstruktur kepada kepala sekolah, kepala bidang kurikulum, guru pendidikan agama Islam, dan peserta didik. Sedangkan sumber sekunder didapat dari dokumen-dokumen kurikulum PAI, buku ajar PAI, dokumen pelaksanaan kurikulum pendidikan agama Islam dalam hal ini sebuah observasi, silabus, RPP, hasil belajar peserta didik dan sejarah sekolah. Adapun hasil penelitian ini adalah: (1) pelaksanaan metode insersi nilai-nilai moderasi beragama pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yaitu: a)tahap perencanaan, guru harus menyiapkan materi yang ingin diajarkan kepada peserta didik. b) tahap pelaksanaan, guru PAI mengajar di kelas dengan materi sesuai KD (Kompetensi Dasar) dan buku ajar lalu menyisipkan nilai karakter moderasi beragama sesuai di RPP Abad 21 berbasis nilai karakter profil pelajar pancasila (PPP) dan nilai moderasi beragama sesuai Permendikbud N0. 37 Tahun 2018 serta guru menyisipkan nilai-nilai moderasi beragama yang lainnya di materi yang sedang diajarkan tersebut dengan cara prolog serta mengkolaborasikan dengan metode-metode pembelajaran. c) tahap evaluasi pembelajaran.(2) Faktor pendukung implementasi nilai-nilai moderasi beragama dengan metode insersi pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) sebagai berikut: a) Organisasi sekolah merupakan sistem 1 komando. b) Guru Pendidikan Agama Islam kompeten dan paham mengenai materi moderasi beragama. c) Fasilitas yang memadai, adapun faktor penghambatnya sebagai berikut: a) guru harus melakukan persiapan yang matang sebelum pembelajaran di mulai. b). pengaruh media sosial.c) pengaruh pergaulan di luar sekolah. d) keberagaman asal usul sekolah peserta didik. (3) Persepsi civitas sekolah mengenai moderasi beragama di SMA NU Al-Ma’ruf Kudus sangatlah beragam.Selain itu untuk perilaku civitas sekolah mengenai moderasi beragama saat ini sudah mengaplikasikannya di sekolah baik dalam kegiatan ektrakurikuler maupun intrakurikuler.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Moderasi Beragama, Metode Insersi, Pendidikan Agama Islam, Kurkulum, Buku Ajar
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Pascasarjana > Manajemen Pendidikan Islam (MPI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 06:58
Last Modified: 06 Mar 2023 06:58
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8906

Actions (login required)

View Item View Item