Pembiasaan Berdoa Sebelum Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keyakinan Akan Keberadaan Allah SWT pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Sekar Gading Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus)

Aisyah, Siti (2022) Pembiasaan Berdoa Sebelum Pembelajaran Dalam Meningkatkan Keyakinan Akan Keberadaan Allah SWT pada Anak Usia Dini (Studi Kasus di TK Sekar Gading Kecamatan Jekulo Kabupaten Kudus). Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (357kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (282kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (488kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (843kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (503kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (975kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (278kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (476kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kesadaran anak usia dini akan pentingnya pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran dalam meningkatkan iman kepada adanya Allah sebagai Pencipta alam semesta. Pembiasaan berdoa ini dimaksudkan agar pendidikan agama maupun moral dapat tertanam di hati dan raga anak sejak dini. Berdoa perlu dicontohkan dan dibiasakan agar anak memiliki keyakinan bahwa apa yang selama ini mereka lihat dan alami adalah kehendak Allah sebagai Sang Pencipta. Jika pembiasaan berdoa tidak dilakukan sejak dini, anak nantinya akan mudah mengikuti arus negatif yang tanpa mereka sadari ada di lingkungannya. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui lebih detail arah pembahasan yang memfokuskan pada pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran dalam meningkatkan keyakinan akan keberadaan Allah SWT di TK Sekar Gading Klaling Jekulo Kudus. Selain itu, penelitian ini berusaha untuk mengetahui metode dan perkembangan pada anak usia dini dengan adanya pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran dalam meningkatkan keyakinan akan keberadaan Allah SWT. Pendekatan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan pada natural setting (kondisi alamiah), dan teknik pengumpulan data lebih banyak pada observasi partisipasi pasif, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Selanjutnya peneliti melakukan keabsahan data, kemudian data direduksi, mendisplay data dan kesimpulan. Adapun subyek dalam penelitian ini adalah guru, kepala sekolah, wali murid, serta peserta didik kelas A, kelas B1, dan kelas B2. Hasil yang telah diperoleh setelah mengadakan penelitian adalah sebagai berikut : Pertama, proses pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran pada peserta didik kelas A, kelas B1 dan kelas B2 berjalan sesuai dengan tahapan penerapannya. Kedua, perubahan dan perkembangan yang terjadi setelah adanya pelaksanaan pembiasaan berdoa sebelum pembelajaran terhadap keberadaan Allah SWT.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Anak Usia Dini, Keyakinan, Pembiasaan Berdoa
Subjects: Filsafat, Dakwah, Pendidikan dan Pembaharuan Islam > Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 06 Mar 2023 07:40
Last Modified: 06 Mar 2023 07:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8910

Actions (login required)

View Item View Item