Basis Keunggulan Pembelajaran Alquran Hadits pada masa Pandemi Covid-19 di MTs NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus

Muna, Shofwatul (2022) Basis Keunggulan Pembelajaran Alquran Hadits pada masa Pandemi Covid-19 di MTs NU Miftahul Huda 02 Piji Dawe Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
01. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
02. ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
03. DAFTAR ISI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
04. BAB I.pdf

Download (599kB)
[img] Text
05. BAB II.pdf

Download (730kB)
[img] Text
06. BAB III.pdf

Download (296kB)
[img] Text
07. BAB IV.pdf

Download (595kB)
[img] Text
08. BAB V.pdf

Download (190kB)
[img] Text
09. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (482kB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi covid-19 yang mengakibatkan proses pembelajaran menjadi terhambat, salahsatunya yaitu pada mata pelajaran Alquran Hadits. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan mendeskripsikan basis keunggulan pembelajaran Alquran Hadits pada masa pandemi covid-19 di MTs NU Mifatahul Huda 02 Piji, yaitu mengenai proses pembelajaran Alquran Hadits, cara mencapai pembelajaran Alquran Hadits yang unggul, serta faktor pendukung dan penghambat dari proses tercapainya pembelajaran Alquran Hadits yang unggul pada masa pandemi covid-19. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus (Case Study), data-data tentang basis keunggulan pembelajaran Alquran Hadits pada masa pandemi covid-19 dikumpulkan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian ini adalah kepala madrasah, pendidik Alquran Hadits dan beberapa peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran Alquran Hadits pada masa pandemi covid-19 di Mts NU Miftahul Huda 02 Piji dilakukan secara daring sesuai dengan peraturan pemerintah. Pada sistem daring peserta didik melakukan proses pembelajaran di rumah. Cara yang digunakan untuk mencapai pembelajaran Alquran Hadits yang unggul di masa pandemi covid-19 yaitu dengan tetap memberikan pengajaran secara daring terhadap peserta didik, dengan menggunakan metode dan media aplikasi yang menarik supaya peserta didik merasa senang dan dapat memahami materi yang disampaikan untuk dijadikan pembelajaran sehari-hari. Selama mencapai proses pembelajaran Alquran hadits yang unggul dimasa pandemi covid-19 ada beberapa faktor pendukung dan penghambat yang ditemukan saat pembelajaran daring, seperti tersedianya berbagai media aplikasi teknologi yang menarik, tersedianya fasilitas bagi pendidik untuk menyampaikan materi. Sedangkan faktor penghambatnya beberapa peserta didik tidak memiliki handphone atau laptop, jaringan internet yang tidak stabil menjadi kesulitan dalam mengikuti pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Unggul, Alquran Hadits, Masa Pandemi Covid-19
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:36
Last Modified: 07 Mar 2023 02:36
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8917

Actions (login required)

View Item View Item