Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Getaran Dan Gelombang Berorientasi Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa

Utama, Ilham Adji (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Pada Materi Getaran Dan Gelombang Berorientasi Ketrampilan Berpikir Kritis Siswa. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (333kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (342kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (464kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (978kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (797kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (269kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (457kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yang didasari oleh kurangnya kegiatan pembelajaran yang dapat menjelaskan materi yang bersifat abstrak salah satunya materi getaran dan gelombang, dimana kurangnya penjelasan materi yang bersifat abstrak ini dapat menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi tersebut. Selain melakukan pengembangan media pembelajaran penelitian ini juga bertujuan mengetahui sejauh mana orientasi berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metode RnD, tetapi selain melakukan pengembangan media audio visual berdasarkan data yang didapati, juga sekaligus mengemukakan seberapa besar orientasi berpikir kritis siswa melalui data berupa nilai.Subjek penelitian ini terdiri dari siswa kelas 8 dan 9 serta Guru di MTs NU Miftahul Falah, Data – data yang diperoleh berupa wawancara serta data observasi serta data respons siswa yang digunakan sebagai ldanasan pengembangan media audio visual,setelah itu di validasi oleh ahli media dan ahli materi. Kemudian untuk orientasi berpikir kritis di ukur denga menggunakan soal hots yang sudah melalui tahap validasi empiris. Setelah itu dilakukan uji langsung media serta orientasi berpikir kritis. Hasil dari uji dianalisis secara kuantitatif deskriptif serta menggunakan diagram. Hasilnya adalah media audio visual yang sesuai dan valid, kemudian orientasi berpikir kritis siswa yang cukup baik, Namun perlu digaris bawahi untuk skor persiswa masih banyak yang berada dibawah kriteria cukup baik dan bahkan ada yang tidak baik, dengan 5 siswa berada pada kriteria cukup baik, 6 siswa berada pada kriteria kurang baik, dan 1 berada pada kriteria tidak baik, lalu sebanyak 6 siswa berada pada kategori baik, dan 1 berada pada kriteria sangat baik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Media audio visual, Materi abstrak, Ketrampilan berpikir kritis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:40
Last Modified: 07 Mar 2023 02:40
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8919

Actions (login required)

View Item View Item