Wafa, Muhammad Tajul (2022) Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Membentuk Karakter Siswa Di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. BAGIAN DEPAN.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (267kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (276kB) |
|
Text
4. BAB 1.pdf Download (545kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (459kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (306kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (684kB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (362kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (274kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk sikap karakter peserta didik melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus serta sikap karakter apa saja yang ditanamkan dalam pembelajaran tersebut dan yang terakhir adalah bagaimana penilaian pendidikan karakter dalam membentuk sikap karakter peserta didik melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Berangkat dari latar belakang itulah penulis ingin membahasnya dalam skripsi dengan judul Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq Dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui secara langsung proses pelaksaan kurikulum 2013 di tataran sekolah terutama sekolah yang sudah mampu untuk menerapkankannya. Penelitian yang penulis lakukan ini adalah termasuk dalam penelitian diskiptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang diperoleh dari hasil interview, obsevasi dan dokumentasi dengan menggunakan pendekatan deduktif selanjutnya data disimpulkan agar memproleh hasil dari judul Implementasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlaq dalam Membentuk Karakter Siswa di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus. Hasil dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah sebagai berikut : (1) Faktor pendukung Implementasi Kurikulum 2013 dalam membentuk karakter siswa di pelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Peganjaran Bae Kudus. Pada pengimplementasian kurikulum 2013 berbasis karakter dan kompetensi, Pendidikan karakter tidak hanya menjadi beban sekolah namun seluruh partisipan yakni orang tua, pemerintah hingga masyarakat, proses pelaksanaan pendidikan karakter dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs NU Raudlatus Shibyan Kudus dilakukan dengan mengintegrasikan pendidikan karakter dengan mata pelajaran Aqidah Akhlak serta menanamkan nilai-nilai karakter dalam setiap pembelajaran yang berlangsung sehingga karakter peserta didik bisa terbentuk, (2) Faktor penghambat guru Aqidah Akhlak dalam mengimplentasikan kurikulum 2013 yaitu keterampilan guru dalam memahami kompetensi inti dan mengaitkannya dengan materi pembelajaran yang sesuai dengan siswa, kemampuan dalam pengelolaan waktu, dan juga penyesuaian dengan metode pembelajaran, rendahnya pengetahuan dan keterampilan guru dalam menerapkan pendekatan siantifik dalam proses pembelajaran sehingga tidak dapat mengimplemntasikan kurikulum 2013 dengan baik dan kurangnya sarana dan prasarana seperti infokus.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan Karakter, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Akhlak dan Tasawuf > Akhlak 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI) |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 02:45 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 02:45 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8921 |
Actions (login required)
View Item |