Sahara, Renita (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X di SMA PGRI 2 Kayen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.
Text
1. COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
2. ABSTRAK.pdf Download (526kB) |
|
Text
3. DAFTAR ISI.pdf Download (1MB) |
|
Text
4. BAB I.pdf Download (972kB) |
|
Text
5. BAB II.pdf Download (903kB) |
|
Text
6. BAB III.pdf Download (850kB) |
|
Text
7. BAB IV.pdf Download (1MB) |
|
Text
8. BAB V.pdf Download (435kB) |
|
Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (656kB) |
Abstract
Kualitas pendidikan harus ditingkatkan untuk mencapai hasil yang maksimal, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil observasi didapatkan keterampilan berpikir kreatif siswa cukup rendah. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan kreatif adalah melalui model pembelajaran problem solving. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas X MIPA SMA PGRI 2 Kayen. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran problem solving dalam kategori baik. 2) Keterampilan berpikir kreatif siswa berdasarkan 4 aspek indikator yaitu meliputi aspek indikator pada kelas eksperimen untuk kelancaran (84,63%), keluwesan (86,71%), keaslian (85,15%) dan elaborasi 85,15%. 3) Peningkatan nilai n-gain dari kelas eksperimen yaitu diperoleh nilai 0,70 kategori tinggi sedangkan kelas kontrol yaitu 0,48 kategori sedang. 4) Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 8,368 > ttabel 1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi perubahan lingkungan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem solving, Berpikir Kreatif, dan Lingkungan |
Subjects: | 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi |
Depositing User: | Perpustakaan IAIN Kudus |
Date Deposited: | 07 Mar 2023 02:47 |
Last Modified: | 07 Mar 2023 02:47 |
URI: | http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8923 |
Actions (login required)
View Item |