Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X di SMA PGRI 2 Kayen

Sahara, Renita (2022) Efektivitas Model Pembelajaran Problem Solving terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X di SMA PGRI 2 Kayen. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (526kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (972kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (903kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (850kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (435kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB)

Abstract

Kualitas pendidikan harus ditingkatkan untuk mencapai hasil yang maksimal, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah pemilihan model pembelajaran yang tepat. Berdasarkan hasil observasi didapatkan keterampilan berpikir kreatif siswa cukup rendah. Salah satu alternatif untuk meningkatkan keterampilan kreatif adalah melalui model pembelajaran problem solving. Populasi dari penelitian ini yaitu kelas X MIPA SMA PGRI 2 Kayen. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIPA 3 terdiri dari 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 6 terdiri dari 34 siswa sebagai kelas kontrol. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Desain yang digunakan pretest-posttest control group design. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu menggunakan observasi, dokumentasi, angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Model pembelajaran problem solving dalam kategori baik. 2) Keterampilan berpikir kreatif siswa berdasarkan 4 aspek indikator yaitu meliputi aspek indikator pada kelas eksperimen untuk kelancaran (84,63%), keluwesan (86,71%), keaslian (85,15%) dan elaborasi 85,15%. 3) Peningkatan nilai n-gain dari kelas eksperimen yaitu diperoleh nilai 0,70 kategori tinggi sedangkan kelas kontrol yaitu 0,48 kategori sedang. 4) Hasil uji hipotesis diperoleh thitung 8,368 > ttabel 1,997 sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran problem solving efektif terhadap keterampilan berpikir kreatif pada materi perubahan lingkungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Problem solving, Berpikir Kreatif, dan Lingkungan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Biologi
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 07 Mar 2023 02:47
Last Modified: 07 Mar 2023 02:47
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8923

Actions (login required)

View Item View Item