PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENSITIVITY CONSIDERATION PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU RADEN UMAR SA’ID COLO DAWE TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Nafidyah, Ni’latun (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SENSITIVITY CONSIDERATION PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MA NU RADEN UMAR SA’ID COLO DAWE TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Undergraduate thesis, STAIN Kudus.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (914kB)
[img] Text
2. KATA PENGANTAR.pdf

Download (399kB)
[img] Text
3. ABSTRAK.pdf

Download (388kB)
[img] Text
4. DAFTAR ISI.pdf

Download (271kB)
[img] Text
5. BAB I.pdf

Download (580kB)
[img] Text
6. BAB II.pdf

Download (614kB)
[img] Text
7. BAB III.pdf

Download (375kB)
[img] Text
8. BAB IV.pdf

Download (612kB)
[img] Text
9. BAB V.pdf

Download (338kB)
[img] Text
10. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (401kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran sensitivity consideration pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI B MA NU Raden Umar Sa’id Colo dawe Kudus, dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam penerapan model pembelajaran sensitivity consideration pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI B MA NU RAden Umar Sa’id Colo dawe Kudus. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Pada uji keabsahan data, menggunakan teknik perpanjangan pengamatan, triangulasi dan meningkatkan ketekunan. Sedangkan teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran sensitivity consideration pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI B MA NU Raden Umar Sa’id Colo dawe Kudus oleh guru mata pelajaran aqidah akhlak adalah guru menyampaikan materi aqidah akhlak yang mengandung konflik, setelah itu guru membagi peserta didik menjadi tiga kelompok diskusi untuk menanggapi permasalahan yang diberikan oleh guru. Setelah itu guru menyuruh salah satu dari ketiga kelompok diskusi tersebut untuk memainkan peran di depan kelas mengenai permasalahan yang telah didiskusikan. Dengan demikian, peserta didik akan merasakan sendiri permaslahan tersebut sehingga peserta didik memiliki sikap empati terhadap sesama. Dalam pelaksanaan penerapan model pembelajaran tersebut memiliki factor pendukung yang diantaranya adalah adanya dukungan dari peserta didik, adanya fasilitas seperti buku paket serta alat-alat peraga yang dapat digunakan untuk melakukan permainan peran, dan lingkungan kelas yang nyaman. Sedangkan faktor yang menjadi penghambat dalam penerapan model pembelajaran sensitivity consideration pada mata pelajaran aqidah akhlak di kelas XI B adalah waktu, adanya peserta didik yang pemalu ketika disuruh bermain peran yang dengan demikian terjadi saling menunjuk antar peserta didik sehingga menjadikan ruang kelas menjadi gaduh, serta kurangnya buku paket yang disediakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran sensitivity consideration; aqidah Akhlak
Subjects: Aqaid dan Ilmu Kalam
Akhlak dan Tasawuf
Sosial > Pendidikan
Sosial > Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Tarbiyah > Pendidikan Agama Islam (PAI)
Depositing User: Perpustakaan STAIN Kudus
Date Deposited: 25 Mar 2017 03:28
Last Modified: 25 Mar 2017 03:28
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/893

Actions (login required)

View Item View Item