Pengaruh Adversity Quotient dan Habits of Mind terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs

Majda, Moh Banal (2022) Pengaruh Adversity Quotient dan Habits of Mind terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2. ABSTRAK.pdf

Download (369kB)
[img] Text
3. DAFTAR ISI.pdf

Download (411kB)
[img] Text
4. BAB I.pdf

Download (561kB)
[img] Text
5. BAB II.pdf

Download (733kB)
[img] Text
6. BAB III.pdf

Download (620kB)
[img] Text
7. BAB IV.pdf

Download (906kB)
[img] Text
8. BAB V.pdf

Download (377kB)
[img] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (391kB)

Abstract

Rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah kurang terampilnya siswa dalam merespon permasalahan matematika secara positif. Respon siswa sendiri dalam menghadapi masalah matematika berbeda-beda tergantung adversity quotient dan habits of mind yang dimiliki siswa, sehingga dapat dianggap bahwasanya adversity quotient dan habits of mind memiliki peran atau kontribusi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian ex post facto, yang bertujuan untuk mencari tahu: (1) Pengaruh adversity quotient dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, (2) Pengaruh habits of mind dengan kemampuan pemecahan masalah matematis, (3) Pengaruh adversity quotient dan habits of mind terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Melalui teknik purposive sampling dipilih 27 siwa kelas VII D MTs Ismailiyyah Nalumsari sebagai subjek penelitian. Objek yang diteliti adalah adversity quotient, habits of mind, dan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Data penelitian tentang adversity quotient dan habits of mind siswa diambil menggunakan teknik kuesioner atau angket sedangkan data mengenai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa diambil dengan melakukan tes dengan pokok bahasan segi empat dan segitiga. Setelah data-data terkumpul, dilakukan uji normalitas, linieritas, multikolinieritas, dan heteroskedastisitas yang memperoleh hasil bahwa data berdistribusi normal, memilki hubungan linier, tidak terdapat gejala multikolineritas, dan bebas dari gejala heteroskedastisitas. Data dianalisis dengan teknik analisis regresi sederhana, regresi berganda, korelasi sederhana, korelasi berganda, serta korelasi parsial dan memperoleh hasil: (1) Adversity quotient memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 48% dan memiliki hubungan kuat dan signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0,693, (2) Habits of mind memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 47,2% dan memiliki hubungan kuat dan signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0,687, (3) Secara parsial adversity quotient dan habits of mind mampu mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah matematis secara signifikan dan positif serta memiliki hubungan yang signifikan dan lemah dengan kemampuan Pemecahan masalah matematis yakni sebesar 0,394 dan 0,448 sedangkan secara simultan pengaruh adversity quotient dan habits of mind memberi pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 56,8% dan memiliki hubungan kuat dan signifikan dengan kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar 0,75333.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Adversity Quotient, Habits of Mind, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan > Metode Belajar Mengajar, Kegiatan Belajar Mengajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris Matematika
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 01:23
Last Modified: 08 Mar 2023 01:23
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8955

Actions (login required)

View Item View Item