Pengembangan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Berbahan Kayu Pada Materi GLB dan GLBB Kelas VIII SMP/MTs

Firdaus, Nimas Zahrotul (2022) Pengembangan KIT (Komponen Instrumen Terpadu) Berbahan Kayu Pada Materi GLB dan GLBB Kelas VIII SMP/MTs. Undergraduate thesis, IAIN KUDUS.

[img] Text
cover-kata pengantar.pdf

Download (1MB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (140kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf

Download (231kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (330kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (640kB)
[img] Text
BAB III.pdf

Download (469kB)
[img] Text
BAB IV.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf

Download (221kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (374kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan KIT IPA berorientasi lingkungan sebagai penunjang praktikum untuk pembelajaran siswa kelas VIII SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan KIT praktikum IPA yang mengacu pada model pengembangan 4D yang disederhanakan menjadi 3D yang terdiri atas 3 tahap yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Data dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif melalui instrumen angket. Data hasil uji validasi dianalisis dengan teknik analisis rata-rata, selanjutnya produk direvisi sesuai hasil analisis data serta saran dari validator. Subjek pada penelitian ini adalah dosen ahli, guru, dan siswa. Siswa yang dijadikan sampel uji coba adalah siswa kelas VIII MTs Darul Falah Sirahan Cluwak Pati. Hasil pengembangan produk yang dilakukan peneliti melalui validasi ahli materi memperoleh persentase 97% sehingga dikategorikan sangat tinggi dan layak digunakan. Hasil validasi ahli media 1 dan 2 memperoleh persentase 93% sehingga dikategorikan tinggi dan layak untuk digunakan. Hasil responden guru memperoleh persentase 100% sehingga dikategorikan tinggi dan layak untuk digunakan. Dan yang terakhir hasil validasi responden siswa memperoleh persentase 92% sehingga dikategorikan tinggi dan layak untuk digunakan. Respon siswa pada pembelajaran yang memanfaatkan KIT IPA dari bahan kayu rata-rata menyatakan lebih menarik dan lebih hemat biaya. Dan guru memberi kesan positif terhadap alat KIT praktikum baik dari mudahnya mempersiapkan maupun kemudahan mengaplikasikannya. Hal tersebut menunjukkan bahwa KIT praktikum berbahan kayu mampu mendukung proses pembelajaran praktikum GLB dan GLBB dan sudah memenuhi kriteria yang relevan dan mudah digunakan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: pengembangan, KIT praktikum, berorientasi lingkungan
Subjects: 300 Ilmu-Ilmu Sosial > 370 Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah > Tadris IPA
Depositing User: Perpustakaan IAIN Kudus
Date Deposited: 08 Mar 2023 06:14
Last Modified: 08 Mar 2023 06:14
URI: http://repository.iainkudus.ac.id/id/eprint/8965

Actions (login required)

View Item View Item